Wa alaikum salam Wr.Wb.

Hiduuup...mbak Tutut...
Lho koq jadi ke sono sih..? he..he..he..

Bener juga apa yang dikatakan Uda Zulfikri ini. Kami pernah mencoba membuat
perumusan kebijakan IPTEK di sini (jepang). Eh, ternyata banyak
strategi-strategi di masa orba yang sepertinya merupakan sebuah metode yang
baik bagi percepatan pembangunan bangsa. Misalnya program Adipura, Prasamya
purna karya nugraha, kalpa taru, kelom pencapir, dari desa ke desa, dan
lain-lain.

Kalau mau dihitung-hitung, tentu banyak sekali kondisi masa orba yang jauh
lebih baik daripada sekarang. Paling tidak, tingkat pertumbuhan ekonominya
jauh lebih tinggi daripada sekarang, apalagi stabilitasnya. Hanya saja,
masa-masa kejatuhan Orba waktu itu, memang sepertinya tinggal menunggu waktu
saja.

Sebuah keputusan untuk mengganti rezim, tentu ada trade off nya. Pilihan
memang harus dibuat, dan sekarang semuanya telah tercatat dalam sejarah.
Masa-masa pahit ini memang harus kita jalani. Tapi bagi saya sih, seperti
makan obat atau imunisasi saja layaknya. Makan obat mungkin terasa pahit di
lidah, imunisasi juga bisa bikin panas, tetapi insya Allah ini merupakan
treatmen untuk menjadi lebih baik.

Yang jelas, rezim orba memang tidak sanggup lagi menahan gelombang krisis
ekonomi global saat itu. Masa pemerintahan presiden berikutnya, jelas tidak
bisa dibandingkan dengan masa rezim Orba. Mereka harus mengelola sebuah
negara yang dalam keadaan gonjang-ganjing. Ribut di dalam, digebuk dari
luar.

Alhamdulillah, kita masih diberikan kesempatan untuk menikmati atmosfir
kebebasan. Saya jauuuh lebih menikmati hidup pasca orba. Sekalipun harus
didera banyak masalah, tetapi hidup ini sedemikian dinamis. Ada gairah dan
semangat untuk maju, menentukan sikap dan berpendapat.

Ikut barisan Uda Zul nih, "mari kita sinergikan semua potensi bangsa"

Udrekh
-Pegawai negeri yang tidak lagi takut sama beringin-