Kata 'dirgahayu' dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia susunan
Poerwadarminta terdapat singkatan 'sl' yang artinya berasal dari sastra
lama, kata 'dirgahayu' sendiri bermakna "(mudah-mudahan) berumur
panjang; hidup!" Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, 'dirgahayu'
adalah [adjectiva] berumur panjang (biasanya ditujukan pada negara atau
organisasi yang sedang memperingati hari jadinya): misalnya "Dirgahayu
Republik Indonesia", panjang umur Republik Indonesia.

Yang ingin saya bincangkan, apa sebenarnya subjek ucapan selamat itu.
Republik Indonesia atau Ulang Tahunnya? Jika dikaitkan dengan makna yang
ditulis oleh Poerwadarminta "mudah-mudahan berumur panjang" tentu
berhubungan dengan Ulang Tahun. Jika dikatakan "Dirgahayu Kemerdekaan",
bukankah itu berarti kita mendoakan agar kemerdekaan yang telah kita
miliki itu panjang usianya, berlanjut terus sampai akhir zaman, karena
kita tidak mau dijajah oleh bangsa lain lagi? Bagaimana jika ditulis,
"ULANG TAHUN KE-54. DIRGAHAYU INDONESIA"?

Regards,
Yohannes Yaali

Kirim email ke