Kalau sdr. Dicky menganggap jilbab adalah pakaian yang sangat
terhormat, sangat modis dan membuat pemakainya cantik anggun dan
berwibawa ya sah2 sajalah. semua orang punya pendapat masing2 tentang
kecantikan wanita.

Begitu juga Ade Kimhook, bebas mengutarakan pendapatnya. Bagi dia dan
hampir semua non muslim, apalagi wanita non muslimah, jilbab adalah
pakaian yang sangat sangat mengerikan.

Mengenai first-lady kita yang baru yang tidak berjilbab, saya rasa
dari awal juga tak ada tuh yang berjilbab. Fatmawati, Hartini, Dewi,
Tien Suharto, Madame Habibie (siapa sih nama aslinya?), Ny. Gus Dur
(juga enggak tahu nama aslinya) terus Megawati dan sekarang Ny.SBY
(enggak tahu juga namanya) , tak ada yang berjilbab kok. Kecuali
Ny.Gus Dur, pakaian se-hari2 mereka adalah rok model umum yang
dipakai wanita sedunia masa kini yang mungkin asalnya dari negara2
kafirun. Kalau ada upacara kenegaraan baru mereka pakai pakaian
daerah Indonesia. Apakah mereka terlihat norak atau tidak sopan?

Mengapa mereka tidak memakai jilbab? karena jilbab adalah bukan
pakaian daerah orang Indonesia tapi pakaian daerah negara2 Arab.
Lha bagaimana dong mosok presiden atau nyonya presiden Indonesia
malah memakai pakaian bangsa asing yang artinya tidak menghormati
kebudayaan bangsanya sendiri?
Orang yang mengatakan bahwa sebaiknya presiden wanita atau nyonya
presiden Indonesia lebih baik berpakaian jilbab dan bukannya kebaja
atau baju bodo atau lain2nya, patut diragukan rasa kebangsaannya.

Mengenai kain kafan untuk mayat, kok diperbandingkan dengan pakaian
orang hidup sih? Dengernya aja udah ngeri. Fyi, semua mayat orang
islam dibungkus kain kafan sebab itulah pakaian kehormatan. Lalu
kenapa anda tidak berpakaian seperti itu saja semasa hidup? bukankah
itu jadi terhormat? hehehe..... seneng aku sama kamu.

wassalam,

--- In [EMAIL PROTECTED], dicky riyadi <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> hebat juga ada komentar jilbab identik dg keterbelakangan. jilbab
tidak esteteik.

> dimata saya, justru jilbab identik dg estetika, dan kemajuan.
Jilbab tidak identik dg arab, jilbab adalah pakaian muslimah yg wajib
bagi sebagian orang, dan sangat disarankan bagi sebagian yg lain.
Jilbab membuat pemakainya anggun dan berwibawa, meskipun kualitas
pribadi tetap tidak selalu serta merta identik dg jilbab.

> jilbab membuah wanita tampil lebih terhormat, meskipun tidak selalu
yg berjilbab adalah wanita terhormat. minimal, pakaiannya adalah
pakaian yg terhormat.

> dg jilbab, seseorang jelas berafiliasi ke nilai apa, dan bagaimana
dia memandang hidup maupun kehidupan setelah kematian.

> bagi muslim, jilbab bukanlah sekedar pakaian, melainkan refleksi
dari nilai hidup, sebagaimana muslim memandang Islam bukanlah sekedar
agama, melainkan sebuah nilai hidup.

> normalnya, orang berjilbab menjadi "kurang bebas", yg sebenarnya
bermakna tidak bebas lagi untuk berbuat aneh-aneh, meskipun tidak
menuutp kemungkinan ada juga jilbab-er dan tetap maksiat.

> Kesimpulannya:
>
> - jilbab identik dg kehormatan
>
> - perkara ibu SBY tidak berjilbab, itu adalah pilihan pribadi.
tetapi nilai muslim tetap menilai jilbab adalah lebih baik

> - justru yg tidak berjilbab adalah terbelakang, misalnya bikini,
rok mini, you can see, dan sejenisnya adalah pakaian "hemat" yg
mengumbar sisi tubuh manusia yg semestinya ditutup demi kehormatan
manusia itu sendiri.

> - hampir semua mayat tubuhnya ditutup kain, utamanya muslim memakai
kain kafan. ini adalah kehormatan bagi manusia, sedangkan bagi yg
tidak tahu mungkin mayat malah diberi pakaian bersanggul, berbedak,
berhias, dan lain.lain yg bersifat duniawi. muslim melihat hidup dan
mati adalah hal sama, karena hidup sendiri adalah persiapan untuk
menghadapi kematian yg merupakan kehidupan yg tanpa akhir. jilbab,
adalah salah satu indikasi ketaatan terhadap syariat, pola pikir yg
berorientasi kemajuan.

http://us.click.yahoo.com/J8kdrA/y20IAA/yQLSAA/BRUplB/TM

Baik, in Commonality & Shared Destiny. www.ppi-india.uni.cc