--- In ppiindia@yahoogroups.com, A Nizami <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Kalau BUMN seperti Pertamina atau perusahaan lokal
> seperti Medco, Star, dsb, tentu jauh lebih canggih
> dari itu.
>
> Kebetulan di milis Ekonomi Nasional yang saya
> moderate, banyak orang2 dari Pertamina, Petrosea,
> serta perusahaan minyak lainnya. Jadi saya dapat
> masukan dari mereka. Bahkan sebelumnya yang melakukan
> eksplorasi di Cepu adalah PT Humpuss.
>
> Janganlah kita mau jadi antek asing. Lebih baik kelola
> sendiri kekayaan alam kita hingga hasilnya 100% utuh
> di tangan bangsa. Kasihanilah rakyat kita.

Satu lagi, kalau misalnya Cepu dikasih ke Pertamina, dan misalnya
ternyata Pertamina tidak mampu mewujudkan janji2 indah yang terlanjur
didengung2kan ini, so what??? (Kumaafkan dikau sayang.... karena kau
berkulit sawo matang)

Point saya sebelum ini adalah: Pertamina dan perusahaan domestik
bersikaplah profesional juga! Paparkan pada publik business-plannya,
janji2nya, dan SIAP menerima resiko kalau ternyata malprestasi. Ini
yang saya tunggu, saya bosan dg lip service. Kok disentil dikit dengan
nama Exxon aja semua langsung jatuh cinta pada Pertamina dan amnesia
atas cacimaki mereka sendiri sebelumnya.

Anda tahu kan kalau blok Cepu itu dulunya dipegang Pertamina yang pada
1990 kemudian (karena "sesuatu") memberikan konsesi ke Humpuss (yang
milik Tommy Suharto) bersama sebuah perusahaan Australia (Australian
Ampolex), yang kemudian terbelit utang lalu dijual ke Exxon. Siapa
yang menjual sahamnya? Humpuss yang punya pribumi itu.

Pertamina sudah mondar-mandir di Cepu selama 30 tahun, tapi siapa yang
menemukan cadangan eksplorasi ini? Memangnya minyaknya baru nongol 2
th lalu?
Dulu perusahaan konsultan tempat saya bekerja tidak mau sama sekali
mengerjakan proyek2 dari Humpuss. Kenapa? Kapok. Pernah sekali
dikerjain eh nggak dibayar... siapa berani nagih sampe ke pengadilan?

Semua sayang rakyat, yang tidak sayang rakyat ya koruptor atau
penjilat itu.

salam,

fau