--- In ppiindia@yahoogroups.com, "Farid Gaban" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mas Danardono,
>
> Maaf jika saya kesulitan mengikuti paparan Anda.
>
> Di sini Anda sedang membicarakan bagaimana IDEAL-nya menjadi seorang
> polisi, atau apa yang secara FAKTUAL polisi lakukan dalam kasus Abu
> Dujana?
>
> salam,
> Farid Gaban

Apa yang POLRI lakukan secara faktual? kalau tak salah baik anda
maupun saya, tak ada dilapangan, bagaimana kita mau bercakap cakap
mengenai hal yang faktual.

Saya hanya ingin tegaskan, bahwa polisi DIMANAPUN harus yakin, bahwa
yang dia tangkap adalah pelaku kejahatan, BUKAN yang disangka
melakukan kejahatan. Demikian juga penuntut umum, selalu harus yakin,
bahwa yang dia bawa kemuka meja hijau, adalah sang delinquent, bukan
tersangka. Dia tak boleh ragu ragu. Kalau dia belum yakin alias
kurang bukti, dia tak boleh menangkap.

Pembela, sebaliknya, harus yakin, bahwa yang diajukan kemuka meja
hijau adalah tak bersalah, atau sekurangnya, tidak seperti yang
diungkapkan dalam surat tuntutan, inilah isi pleidoinya.

Hakim, HARUS melihat siapapun yang diseret dimuka meja hijau sebagai
TERSANGKA. Baru setelah proses pengumpulan pembuktian selesai,
lengkap, dan dia menjatuhkan putusan, maka sitersangka akan berubah
menjadi pesakitan, atau sebaliknya, orang bebas.

TERSANGKA dalam pengertian hukum acara, tidak selalu berarti orang
yang tak bersalah, tetapi yang secara prosedural BELUM dinyatakan
bersalah. Polisi HARUS yakin, yang ditangkapnya adalah bersalah.
Seringkali terjadi, bahwa orang yang nyata nyata bersalah, membunuh,
misalnya, tetap dibebaskan, kalau pembuktian ternyata lemah. Vonis
bebas dalam hukum pidana TAK selalu berarti, bahwa siterdakwa benar
benar tak bersalah. Ribuan pembunuh atau kriminal di US dan Europa
dibebaskan, karena kurang pembuktian. Dia TERSANGKA namun bukan
PESAKITAN.

Kalau polisi ikut ikutan celoteh mengenai si tersangka, maka dia
adalah seorang badut, bukan polisi.

salam

danardono

Kirim email ke