--- In proletar@yahoogroups.com, Gabriella Rantau  wrote:

> #1 Banyak orang-tua murid yg mati2an menginginkan anak2nya diterima di
> sekolah Kristen/ Katolik. Jelas bukan karena mereka ingin anaknya murtad.
> Mereka menginginkan anaknya mendapat pelajaran yg baik dan bermutu. Setahu
> aku murid2 non-Kristen/ Katolik tidak diharuskan mengikuti pelajaran agama
> Kristen/ Katolik.

orang tua islam nggak masalah anaknya sekolah di sekolah katolik, as long as
it's a good school.  karena orang tua islam pede sih, anaknya nggak mungkin
murtad pindah agama.  sangat berbeda dengan orang tua kristen yang lebih
memilih anaknya di sekolah kristen walaupun mutunya lebih rendah dibandingkan
sekolah katolik.

murid2 non katolik diharuskan untuk belajar alkitab pada pelajaran agama, ikut
giliran membaca doa bapak kami pada pagi hari dan doa salam maria pulang
sekolah.

murid2 non katolik juga harus ikut retreat, dan segala macam kegiatan katolik.

> #2 Kemungkinannya sanagt tipis orang-tua Kristen / Katolik ingin mendaftarkan
> anak2nya masuk sekolah Islam aplagi pesantren, for obvious reasons.

banyak sekolah swasta islam yang bagus seperti al azhar, al izhar, lab school,
tapi orang tua non muslim nggak berani masukkin anaknya kesana, for obvious
reason, mereka takut anaknya murtad.

> #3 Aku tahu Universitas Satya Wacana (Salatiga) mengajarkan Islamologi dan
> studi banding agama. Tujuannya tidak untuk passing judgement tapi membekali
> calon pedeta lusuan mereka supaya mengenal latar belakang saudara2 kita yg
> beragama lain, termasuk yg Muslim. Salah satu cucu basodara kita tamat dari
> USW dan sekarang menjadi Pendeta Abri. Kalau tidak salah Sekolah Tinggi
> Theologia, Jl. Proklamasi, Jkt juga mengajarkan Islamologi. Mereka seing
> mengundang cendikiawan Muslim untuk memberi kuliah.

nah itu program bagus.

kenapa lo, si nubpenginjil, si item dan gerombolan kristen tolol lainnya nggak
ambil kursus atau short term class di uksw atau sekolah driyarkara, supaya
kalian bisa mengerti tentang agama lain?