Yang standar-standar begitu memang nggak terhindarkan,
baik di keluarga muslim, kristen, atau lainnya. Dan sebaiknya
itu diperkenalkan ke bocah-bocah sebagai tradisi keluarga,
bukan kewajiban beragama. Hindari dulu bicara 'agama'.

Bicara saja soal tertib, disiplin, ketaatan dsb dalam bahasa
kanak-kanak. Perkenalkan 'agama' dari kegiatan sehari-hari.
Jangan terbalik, berkegiatan sehari-hari karena agama.
Biasakan mereka berkegiatan sehari-hari dengan baik tanpa
iming-iming pahala apalagi sorga yang memang bukan urusan
manusia / makhluk, untuk menentukan.

Menyinggung ketegasan Cak Nur, rasanya pernah cerita waktu
beliau meresmikan TK Paramadina beberapa tahun setelah Soeharto
jatuh.

Dalam pidatonya Cak Nur bikin hidung para ortu kembang-kempis.
Kira-kira bunyinya tentang krisis pemimpin. Lalu dia bilang
20 tahun yad TK ini akan melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa...

Waktu tak tanya kalau TK ini punya metode mencetak pemimpin
sejak usia dini, kenapa metode itu tidak disebar saja ke seluruh
TK di negeri yang katanya krisis pemimpin ini.