Wueleh, yang ini rupanya kelewatan.
Abis, semalam ada yang nyolek, yah..
melon yah..

huehe...

--- "pinpinyuliansyah" <pinpinyuliansyah@...> wrote:

> bener.
> Saya rada "Shock" saat si kecil cerita "Ayah aku punya temen baik,
> tapi dia kristen !" Saya kaget bener. Trus tanya "Emang kenapa de
> kalau kristen ?" Si ade jawab : "Kalau kristen kan masuk neraka yah
> ..." Ini fatal. sangat fatal. Saya langsung klarifikasi ke guru
> agama di sekolahnya, dan saya mesti format ulang pemahaman si
> kecil. Surga dan neraka itu bukan milik islam atau kristen. Semua
> orang baik, akan menerima balasan kebaikan. Dan alhamdulillah ...
> sekarang si ade berteman baik dengan temannya yang suka ke gereja.

Sebetulnya pengin tau komentar kristen-kristen palsu di sini.
Apa mereka punya pengalaman sebagus ini.

> Misalnya : Uplik jelek bukan karena ates. Si Nub tolol bukan karena
> agamanya kristen. Itumah emng sudah dari "sono" nya begitu ;-)
> hehehe

Kayaknya memang lebih pas nyebut mereka krispal (kristen palsu)
dan aspal (ateis palsu). Lha ngaku meluk suatu ajaran tapi ya
cuma dipeluk doang, nggak pernah diajak jalan. Inisiatif jeblok.

Mereka seperti menolak sadar bahwa semakin dewasa orang harus
semakin terampil mandi sendiri. Mandiri. Menentukan & memutuskan
sendiri langkah yang akan ditempuh dalam hidup (selain 2 hal:
kelahiran & kematian - kecuali berani seppuku / harakiri), lalu
menanggung konsekuensi & resiko dari keputusannya itu.

Mereka keliatan lebih terlatih untuk menyerahkan nasibnya ke
tangan orang lain sambil menunggu perintah. Sehingga ketika
langkahnya terhadang musibah, mereka tidak boleh ditempatkan
di posisi si salah. Sebab, menurut mereka, musibah dan
kesalahan itu adalah tanggungjawab si pemberi perintah, bukan
si pelangkah. Sementara, mereka sendiri merasa jadi korban
dari salah langkah akibat salah perintah. Ah ah ah..!

Oleh karena itulah, mereka merasa berhak untuk morang-maring.
Tuntut sana-sini, curhat sini-sana kepada siapa saja yang
mereka jumpai dalam hidup.

Ini, jelas ketololan berat dalam kemanusiaan. Merasa punya
hak untuk diurus segala kepentingannya tapi melalaikan
kewajibannya untuk mengurus kepentingannya sendiri. Mereka
jadi buta tentang dirinya sendiri tapi benderang tentang
orang lain. Membabibuta.

Ketololan model begini samasekali nggak ada kaitannya
dengan ajaran apa pun termasuk ajaran Kristus. Ini memang
murni ketololan dari 'sononya'. Hanya saja di sini
mayoritas pemeluk ketololan ini mengaku sebagai "kristen".

Pendeknya, dalam konteks kristen, ungkapan ini
nggak salah lahir:

"Yesus menyembuhkan orang buta
Paulus membutakan orang tolol"

Karena memang tolol dari sononya, maka mau meluk apapun
tetap saja "buta".

Paling lucu yang ateis palsu.
Dia langsung menghujat tuhan telah salah mendesain
hidupnya..

Kesian, ateis kok menghujat tuhan.. :)

> [...]
> keras, orang apanan pikirannya jadi nddak normal. ngomongnya jadi
> nddak normal. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah itu kepala
> dijedotin lagi.
>
> hehe
>
> intinya, menurut jalaluddin, yang membuat manusia "menyenangkan"
> dan "menyebalkan" itu adanya di kepala. makanya istilahnya "gegar
> otak" bukan "Gegar hati".
>
> Pernyataan yang sangat sederhana ...
>
> Namun jadi serius ketika harus berhadapan dengan hadits yang
> menyatakan bahwa baik buruk itu adanya di "hati" :-)

Hm...:) Jadi inget waktu ngobrol soal godlob sama basmien,
jd, koh gu, dan zhao yun kalo nggak salah.

Terus terang ngaku bahwa yang memperkenalkan saya dengan
batang otak adalah guru biologi SMP (dulu ilmu hayat) yang
emosi macarin saya :)

Pada sesi les privat di rumahnya, bu hayati (sebut saja begitu)
kasih liat buku-buku koleksinya yang penuh gambar otak berikut
jalinan syaraf ke seluruh tubuh. Seperti lagi mendongeng dia
menjelaskan semua gambar di buku-buku itu termasuk batang otak
yang menjadi pusat kontrol perkara abstrak dalam diri manusia,
baik itu godlob/naluri; emosi/sedih-gembira; cinta; syahwat;
bahkan tuhan, katanya.

Nah, menurut bu guru berhayat sexy itu, omong-kosonglah dengan
cinta bergambar hati seperti di kartu remi. Dia bersumpah
pilih melengos kalau saya panggil: "jantung hatiku" sambil
dekap dada, meski emoh juga dibelai rasional dengan bisikan:
"oh, batang otakku.." :p

Sejujurnya, yang amat serius itu: manusia masih menjadi misteri
bagi ilmu pengetahuan.

Dan kaum Venus.. adalah misteri terbesar bagi puak Mars :)

Setubuh? eh, setujuh?