ini 2 topik yg lagi anget, jadi digabung aja ya.

dan ada 2 hal yg ngga bisa lepas dari cewek normal
(dan cowok yg ngga normal): yaitu tas dan sepatu.
terakhir gua beli sepatu kayaknya sekitar 2 tahun yg lalu.
terakhir bini gua beli tas dan sepatu sekitar minggu lalu.
(quiz: kira2 abad berapa terakhir marlene beli tas dan sepatu?).

kalau gua beli barang, pertimbangan utama adalah fungsionalitas,
kekuatan, desain, baru harga.
gua ngga gitu peduli merknya apa dan dibikin di mana.
waktu smp emang sih pernah minder kalo pake sepatu warrior sementara
yg laen pake adidas.
tapi sekarang udah lewat masa2 begituan mah.

saat mau ada urusan ke eropa timur, gua perlu backpack yg memenuhi
keempat kriteria itu.
muter2 di sogo, metro, dan mall2 gemerlap lainnya ngga ketemu.
gua malah nemunya di toko tas khusus laptop di bandung electronic center.
merk ranselnya bodypack, brand lokal yg setau gua spesialis bikin
gears untuk pecinta alam.
jadi gua asumsikan daya tahannya bisa diandalkan lah, paling tidak milspec.

bahan ranselnya kokoh mirip motif kevlar.
berbeda dgn otak si nub, sletingnya ngga pernah macet.
desainnya bener2 fungsional tapi tetep enak dipandang.
ada tempat dokumen yg dibatasi pembatas agak keras, ada tempat laptop
dgn wadah yg lembut dan empuk, dan "saku" nya itu loh, buanyaak banget. jauh
lebih banyak dari koleksi vocab si uplik.
gua perkirakan ada 214 saku di ransel itu, dan sampe sekarang yg
ketemu baru 10 saku.

yg menarik, ransel itu digaransi seumur hidup.
jadi kalo ada yg rusak tinggal dikirim ke workshopnya di jl wastukencana dan
akan dibetulkan gratis tanpa syarat apapun.
yap, ngga perlu syarat baca syahadat atau percaya sang juru selamat
bercawat.
dijamin gratis, kata penjualnya sih.

****

ceritanya ada urusan factory visit ke praha, terbang dari amsterdam.

setelah si maria sarapova sang factory manager nyerocos menjelaskan
pabriknya tanpa slide dan powerpoint secuilpun (gile tu cewek
daya ingatnya luar biasa), gua pamit mau balik ke amsterdam.

"suka bir ngga?", katanya dlm logat rusia yg kentel.

"wah kalo musim dingin gini kayaknya ngga deh".

"oh bukan untuk diminum sekarang, tapi saya mau kasih oleh2 bir.
you now, bir pilsner pertama kali diciptakan di sini loh bukan di jerman,
apalagi belanda".

"oh gitu ya? oke deh tapi jangan banyak2 ya, repot bawanya".
lalu dia pergi dan kembali bawa setengah losin bir dlm botol kecil,
merknya 'pilsner urquell'.
pilsner asal katanya dari pilsen, sebuah kota di ceko.
untuk bisa kuliah di sekolahannya si nub di jerman cukup bawa
tutup botol bir ini, dijamin langsung diterima dan lulus cum laude.

biasanya kalo factory visit gua dikasih cendera mata payung, tshirt,
kalender+buku agenda, flashdisk, atau barang pajangan khas.
baru kali ini gua dibekelin bir.
orang eropa timur itu emang penuh kejutan.

masalah muncul pas check in di bandara.

"mas, bagasinya overweight, kelebihan 2kg, apa ngga sebaiknya
sebagian dipindahin ke backpack anda?", kata petugas counter KLM
dgn ramah.

wah pasti gara2 setengah losin bir nih.

"mmm.. memang berapa saya harus bayar untuk kelebihan bagasi?"

"mahal lho mas, 100 euro per kg", masih tersenyum aja dia.

haaaa? makdirabit.. 1,3 juta perak per kg mah mending gua beliin tas kremes aja.
tanpa basa basi gua bongkar itu tas dan gua pindahin beberapa barang
di travel bag ke ransel made in bandung itu.
walhasil itu ransel jadi menggembung, dan sampe bandung ada sedikit
sobekan deket pegangan tangan.

saatnya menagih janji ke pembuat ransel.
dan bener aja, ransel gua dibenerin, bahkan dibersihin jadi kayak baru lagi,
semuanya free of charge.
padahal harga ransel itu cuman setengah barang yg sama dgn merk
samsonite yg terkenal kuat tapi muahal itu.
motto mereka memang top punya "kami tidak memberikan bible, tapi bukti".

***

orang swiss rasis? konon iya setelah berita yg menghebohkan
ttg oprah yg gagal beli tas seharga 400 juta di zurich itu.
tapi cerita si kimhook ngga lengkap.
pelayan toko itu imigran dari italy, yg menurut pengalaman gua
bahasa inggris orang italy itu ngga bisa dibedain dengan bahasa batak.
susah dimengerti.
selain itu, konon oprah winfrey show memang tidak ditayangkan di swiss.
jadi orang2 swiss itu kalo orang item amerika taunya cuman obama dan
nicki minaj doang kayaknya.
yg pertama karena presiden amerika, yg kedua karena pantatnya gede banget.

pengalaman gua waktu di zurich malah sebaliknya.
flight ke frankfurt jam 9 pagi, jadi gua check out dari hotel jam 6.
sehabis sarapan dgn menu yg sangat primitif (telor rebus, sayatan
ikan dan daging mentah, roti keras, dsb.) dibanding menu sarapan di
sensa hotel cihampelas bandung, gua menemui receptionist, emak2
bule yg selalu senyum dari pagi hingga petang.

"bu, flight saya jam 9, kalo ke bandara bagusnya pake apa ya?"

"oh pake trem aja di depan hotel ini, cuman 20 menit koq".

"ok bu, bisa beli tiketnya di sini?"

"bisa, cuman 8 franc koq"

80 rebu perak untuk perjalanan 20 menit sebenernya mahal banget,
tapi zurich memang pernah didaulat sebagai kota termahal di dunia.
jadi cincai lah.

setelah gua bayar tiket, keluar hotel menuju shelter, eh kebingungan
sendiri soalnya ada 2 track trem berbeda ke arah yg berbeda.
kebetulan di situ ada cewek bule mirip selena gomez versi blonde.

"mbak, trem yg ke bandara di sini atau yg di sebrang?"

"oh di sini mas, nanti naik yg nomer 87, saya juga mau pake itu".

sip deh.

selagi nunggu trem dateng, tiba2 emak2 receptionist hotel dateng
ter gopoh2.

"waduh mas, ma'af ya, ma'aaaaf banget. ternyata kamar yg mas pake
itu sudah termasuk tiket trem pp. ini saya kembaliin 8 franc".

ck ck ck... luar binasa ini jujurnya si emak.
cuman 8 franc aja dia sampe kudu ngejar gua ke shelter trem.

di dalem trem gua kebingungan lagi, koq di papan elektronik
ngga ada tempat berhenti dgn judul zurich airport ya? jangan2 gua
salah naik trem? kalo ketinggalan pesawat bisa kacau dongengnya nih.

gua tanya lagi deh si selena blonde gomez yg duduk di sebrang kursi.

"mbak, airportnya masih jauh ngga ya?"

"mmm... itu tuh.. 15 menit lagi nyampe" kata dia sambil nunjuk
papan elektronik di dalem trem.

weladalah.. ternyata airportnya ditulis pake bahasa batak: "zurich flughafen".

orang swiss, yg gua alamin sih ya, ramah2 koq.
mereka kalo ditanya ttg arah jalan, money changer, stasiun kereta,
akan menjawabnya dgn detail, sepenuh hati ingin membantu.

jadi ini masalah nasib aja kayaknya.
oprah yg notabene cewek terkaya di dunia kudu mengalami nasib sial
dilecehkan pelayan toko geblek nan rasis.
gua selama di zurich mendapatkan pelayanan maksimal dari masyarakatnya.

mungkin karena faktor wajah juga sih.
ehe ehe ehe