Memang bener yang rasis itu Swiss Prancis dan Swiss Itali.

Di Jenewa, hanya dalam hitungan beberapa hari aja udah kerasa atmosfir yang
rasis dari orang Swiss Prancis.

Swiss Jerman relatif sangat baik, respek terhadap orang lain dan nggak pernah
mengalami perlakuan rasis selama disana.

Pernah kejadian waktu di Zurich adik ipar gw kehilangan dompet, baru ketauan
hilang setelah 2 jam kemudian.  Setelah di runut toko2 yang dikunjungi,
akhirnya dompetnya ketemu di toko tanpa kehilangan duit sepeserpun.

Kejadian Oprah (bad service) sebenernya memang sering terjadi menimpa orang
colored, kok.  Gw inget ketika Tri Sudwikatmono buka restoran Tony Roma's
ditanya wartawan, sebabnya karena bad service juga.

"Abis, saya nggak dilayanin waktu makan restoran Tony Roma's di Amerika!
Mereka pikir saya orang miskin, udah aja saya beli restorannya".

Gw juga pernah dapet bad service di Singapore, ketika baru aja kejadian Mei
1998.  Gw pergi belanja di supermarket dan setelah antri mau bayar tiba2
kasirnya, nenek cina tua ngomong singlish ke gw sambil melotot.

"What..?", gw tanya karena gw nggak pay attention.
"I don't want to give service to you", katanya dengan mata sipit tapi melotot.
"Oh.., ok.  Fuck you (dengan intonasi Thank you)", sambil ngeloyor pergi.

Bahkan, di Bali juga pernah dapet bad service juga.

Gw lagi masuk toko dan liat2 dengan didampingi oleh pelayan toko.  Tiba2 ada
bule masuk dan tu pelayan toko langsung aja ngeloyor ninggalin gw.  Gw pikir tu
pelayan cuma sebentar ninggalin gw, ternyata memang gw ditinggalin.

Ini sih bukan cerita baru karena udah sering terjadi ke wisman di Bali,
kayaknya.