--- In proletar@yahoogroups.com, "sikebenaran" <sikebenaran@...> wrote:

> Benar, ada relasi kuasa. Relasi kuasa membuat korban tidak menjadi korban
> tetapi membuat korban melakukan suka sama suka. Jadi inget analisa Ali Sina
> ttg relasi nabi dgn para perempuannya setelah perang :)

tidak perlu ceroboh melakukan generalisasi.

> Ini mengingatkan pula pada peristiwa sejarah '65, ato pun '98.

gak jelas maksudnya apa....

> Untuk kasus2 terkini ttg penyelesaian yg ditawarkan klp perempuan thd kasus2
> pemerkosaan seperti Women Crisis Center kebanyakan hanya mediasi.

wcc tidak bekerja sendirian, mereka juga punya akses untuk bisa memberikan
tujukan kepada lembaga lainnya pada proses selanjutnya.

> Klp perempuan Indonesia skrg tdk punya ideologi & mengutuki gagasan progresif
> Gerwani.

kecerobohan melakukan generalisasi adalah salah satu ciri perspektif yang bias.

> Ga heran ada kelompok memakai nama Aisyah yg jelas itu nama korban pedofilia.
>
> Klp perempuan skrg tetap saja mengutuki Gerwani & mereka itu klp perempuan yg
> mainstream, punya jaringan ke media, legislatif.
>
> Aku skeptis dgn kelompok perempuan ini,tetapi aku masih berharap ada gerakan
> perempuan seperti Gerwani.

Anda mengekstrem2kan diri biar bebas menggeneralisasi.
sekali lagi, tidak peerlu seceroboh itu.

ada banyak kelompok perempuan yang membantu para korban perempuan eks-tapol '65
(baik yang gerwani, maupun yang "digerwanikan") dari diskriminasi,
marjinalisasi, stigmatisasi oleh masyarakat dan negara dengan upaya2
rekonsiliasi di tingkat keluarga, lokal, hingga nasional.

blub!