Saya sependapat jika dikatakan bahwa sejarah juga bertautan dengan beberapa
fakta agama, misalnya saja ada nama desa Nazaret, ada Negara bernama Romawi dll
itu fakta yang tidak bisa dibantah, sebab biar bagaimanapun agama juga menjadi
bagian dari sejarah umat manusia. Tetapi apakah benar bahwa seluruh tokoh dalam
agama adalah real tokoh, atao TOKOH SEJARAH juga. Pemahaman saya menyimpulkan:
ada tokoh yang real, yaitu tokoh sejarah, ada juga tokoh yang fiktif atao tokoh
mitologis.

Saya akan mengambil contoh nabi Adam. Adam adalah bahasa Ibrani yang jika
diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Manusia. Sedangkan Eva atao
Hawa jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Ibu segala bangsa.
Jadi ketika orang Ibrani purba bertanya siapakah orang (laki) yang hidup
pertama kali, di jawab manusia (ADAM), siapakah orang (perempuan)  yang pertma
kali ada di jawab ibu segala bangsa (HAWA).  Baik Adam maupun Hawa adalah nama
umum bukan nama orang seperti nama Abas Amin atao Wong Gendeng, Karena Adam
adalah nama umum dan juga nabi Adam tidak ada rekam sejarahnya, maka saya
berkesimpulan bahwa nabi Adam adalah tokoh fiktif, atao tokoh mitologis. Namun
bukan berarti bahwa semua tokoh agama yang tertulis dalam KS adalah tokoh
fiktif. Bisa saja tokoh agama adalah tokoh sejarah. Tetapi biarpun tokoh agama
tsb adalah tokoh sejarah, tetap saja tidak akan luput dari mitologisassi.

Tidak usah terlalu jauh tentang para nabi, bung Karno proklamator Negara RI,
yang baru beberapa puluh tahun meninggal juga sudah mengalami mitologisasi.
Bahwa bagi sebagian masarakat jawa khususnya orang2 sepuh yang tinggal
dipedalaman masih beranggapan bahwa bung Karno masih hidup, dia berada disuatu
tempat, nanti akan turun memerintah kembali Negara Indonesia jika sudah masuk
fase "goro-goro".  Bahwa yang berada dikeranda dan di makamkan pada awal tahun
70an adalah hanya gedebong pisang,  sebab bung Karno memiliki ilmu aji aji
sipat rolas, bisa mencolo putro, bisa mencolo putri, bisa berada  di beberapa
tempat yang berbeda pada saat yang sama, jadi yang di makamkan adalah gedebog
pisang yang diserupakan dengan wajah bung Karno. Bukankah ini mitologisasi?

Jika seorang Soekarno saja mengalami mitologisasi, apalagi nabi, seorang tokoh
sentral dalam sebuah agama. Boleh saja nabi Isa adalah tokoh sejarah, tetapi
apakah benar bahwa beliau berjalan2 diatas air, apakah benar benar beliau
menghidupkan orang yang sudah mati? Bukan kah ini mitologisasi? Cerita nabi Isa
berjalan diatas air saya merasa mirip dengan Sun Go Kong, tokoh mitologi China,
yang bisa berjalan diatas air bahkan menyelam ke dasar samudra, dan ngamuk
disana di kerajaan yang dikepalai oleh Dewa Laut Timur. Tentang kisah
menghidupkan orang mati saya teringat akan Bumo Naroko Suro. Dia senang bermain
dengan burung dara, pada suatu hari burung dara kesayanganya mati, dia bersedih
hati, kesedihanya telah menyentuh hati dewa Wisnu, maka Wisnu menitis kedalam
BNS, melalui campurtangan Wisnu BNS menghidupkan kembali barung dara tersebut.
Bukan sekedar menghidupkan tetapi merekayasa agar menjadi manusia, diberi nama
Digdio Maudoro ( berarti asalnya dari burung dara). Kelak ketik BNS jadi raja
di negeri Trajutrisna, Digdio Maudoro inilah yang menjadi mahapatih andalanya.

Boleh saja nabi Muhammad adalah tokoh sejarah, tetapi apakah benar dia bisa
membelah bulan? Apakah benar dia dari jari tanganya bisa memancarkan air minum
layaknya sebuah kran air dari perusahann PAM Jaya? Bukankah ini mitologisasi
juga?. Tentang bulan yang terbelah saya kok jadi inget mitos jawa. Bahwa pada
jamn dulu Betoro Kolo yang berperngai jahat jatuh cinta kepada gadis jelita dan
baik hati dewi Ratna (bulan). Karena cintanya di tolak Betoro Kolo, marah lalu
Ratna (bulan), dibelah belah dan makan, untuk menyelamatkan dewi Ratna orang2
desa pada saat gerhana, memukul mukul lesung, yang di simbolkan sebagi perut
Betoro Kolo, agar perutnya eneg sehimngga Dewi ratna di muntahkan lagi.

Singkatnya bahwa agama adalah mitologi, meskipun tokoh tokohnya adalah tokoh
sejarah, dan tempat kejadianya juga menyejarah. Kalo begitu apa perlu kita
melakukan de-mitologisasi?, saya jawab JANGAN, sebab kekuatan agama adalah
memang di mitosnya, agama yang kehilangan mitosnya tidak lagi menjadi agama
tetapi lambat laun akan menjadi Ilmu pengetahuan. Hal ini pernah dilakukan di
Yunani. Para filsuf Yunani dulu pernah melakukan de-mitologisasi agama
nenekmoyangnya, dewa dewi dilucuti kesaktianya. Dewa dewi di telanjangi,
didedahkan urat kemaluannya, maka sejak saat itu filsafat alam berkembang di
Yunani, sampai berkembang menjadi seperti sekarang ini. Namun manusia tetap
tidak lupa, sebagai ujud penghormatan nama2 dewa disematkan kepada planet,
kota, atao malah software seperti Oracle atao Delphi.

Karena agama hanyalah mitos, maka seharusnya manusia yang berakal menempatkan
agama sesuai dengan peruntukannya atao karakteristiknya, yaitu sebagai
penghiburan, sebagai pengisi ruang batin yang kosong yang tidak mampu di isi
oleh Ilmu pengetahuan, tentu hal ini menjadi sangat pribadi sifatnya Tidak ada
satu agamapun yang mampu menjawab seluruh permasalahan manusia. Tidak
selayaknya segala sesuatu harus dikait kaitkan dengan agama. Tata Negara,
hukum, politik apalagi Ilmu pengetahuan, sebab dengan cara itu sampeyan
(manusia) telah memperkosa agama, sampeyan (manusia) telah mempertontonkan urat
kemaluan agama, sebagaimana orang Yunani telah menelanjangi dewa dewa mereka.

Rahayu