Untuk kasus melempar jumrah waktu haji, saya setuju untuk
tidak membawanya ke logika (walaupun itu masih bisa
dijustifikasi dengan menggunakan logika). Karena melempar
jumrah adalah suatu upacara ritual.

Tapi untuk kasus membersihkan bejana yang dijilati anjing,
saya tak habis mengerti kenapa kita tidak boleh menggunakan
logika dan akal? Perlu kita selidiki kenapa Nabi menyuruh
untuk membersihkannya dengan tanah. Kita perlu berpikir ada
unsur apa yang dikandung oleh tanah sehingga Nabi
menjadikannya sebagai komponen penting dalam membersihkan
najis? Dengan demikian kita harapkan ilmu kimia bisa
berkembang.

Sama halnya ketika Nabi melarang minuman keras. Semua orang
di dunia telah mengakui bahwa itu merusak kesehatan jiwa dan
raga. Proses pengakuannya itu melalui eksperimen ilmiah
(logika dan akal terlibat banyak di sini). Bukan dengan
menerima apa adanya.

Wassalam
Syafrinal Syarien

On Mon, 27 May 2002 03:27:28 -0700 (PDT)
 Hayatun Nismah Rumzy <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Assalamu Alaikum W. W.
> Nanda Urpas,
> Maaf bundo ini terlalu cepat menulisnya seharusnya bundo
> tulis sebagai berikut:
> Ada hal-hal yang tidak bisa kita pakai akal yaitu:
> 1. Membersihkan bejana yang dijilati anjing dst. dst.
> 2. Mengerjakan ritual waktu haji seperti melempar jumrah
> (syaitan) - itu tidak bisa dibawa ke logika dan akal.
> Banyak lagi yang lain-lain contohnya dan mungkin nanda
> urpas bisa mencarinya. Mudah-mudahan jawab bundo bisa
> menjelaskan tulisan bundo yang sebelumnya.
> Wassalam,
> [...]

Dapatkan keringanan biaya registrasi hosting sebesar 25%
Click http://www.plasa.com/belanja  untuk pendaftaran