From: Indra Jaya Piliang <pi_li...@yahoo.com>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Thu, 24 Jan 2013 03:27:06
To: rantaunet@googlegroups.com<rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: [R@ntau-Net] Batang Piaman Kampung nan Jauh dari Listrik

Kalau saya memandang soal ini agak beda. Soalnya, kampung sy juga baru masuk
listrik tahun 2002. Saya belajar -- kadang -- pakai sitarongkeang. Sering dama
togog. Sampai tamat SMA. Bisa masuk UI jg. Senior2 sy belajar di atas kerbau,
bisa masuk ITB. Malam kami bagurau di surau, basilek. Tanpa listrik, tp ada
sitarongkeang, ada lentera, ada dama. Lalu jam 10 sudah tidur, istirahat, subuh
bangun. Era TV? Bagadang untuk nonton film hollywood atau bola. Tak bisa bangun
Subuh. Bakaruah. Telat sekolah.

Maksus sy, skrg byk org kota yg lelah dengan peradaban. Asal ada visi yg baik,
misalnya jd lokasi wisata -- ala Batang Piaman --, lokasi seperti ini malah
tidak perlu diterangi listrik. Syaratnya, ada visi itu. Dibangun bbrp rumah
baheula, tanpa listrik, dengan lingkungan alami, dijepit bukit, ada batang
narehnya, ada ikan gariang, ada pohon tinggi. US$ bisa habis utk itu.

Sy jg sdh selidiki daerah2 yg sudah dapat akses listrik dan internet, termasuk
di Tandikek. Yg sy temukan, ya, apalagi kalau bukan utk mengakses situs2 porno.
Byk kampung punya listrik, tp yg masuk bukan kesejahteraan, tetapi yg lain:
kemiskinan ekonomi, kemiskinan kultural, kemiskinan religius. Aplg tayangan
televisi kita, lbh konsumtif.

Sekali lg, ini hanya diskusi. Kampung tanpa listrik, tp sejahtera dan
masyarakatnya bahagia, kenapa tidak. Dan koq sy menemukan sisi "ajaib" itu
dalam artikel yg dikirim oleh Mak Ngah. Coba kita baca lagi :D

Indra J Piliang, The Indonesian Institute, Jln Wahid Hasyim No. 194, Jakarta
Pusat. Twitter: @IndraJPiliang