Sanak,

Nakan ambo IJP ko sadang bapacu utk jadi walikota Piaman. Jadi Batang
Piaman tu dilua juridiksi kota Piaman.

Tapi untuak diskusi soal listrik ko indak baalah. Nagari ambo Gasangadang
dek listrik, alah ado pulo lapau jo meja bilyar. Dek listrik abang alah
tadanga jauah. Tapi nan surau masih juo langang.

On Thursday, January 24, 2013, sjamsir_sjarif <hamboc...@yahoo.com> wrote:
> Yah, alangkah senangnya kita mendapat tanggapan berpolarisasi atas
Jeritan Pekikan dari Batang Piaman ini. Saya sepakat dengan Dr.
Rahyussalim, mudah-mudahan Angku IJP calon Wako Piaman yang kita
alu-alukan, dapat meninjau buah renungannya kembali, rethinking,
menelungkup dan menelentangkannya. Tentu akan ada adidunsanak yang akan
mengetengahi dan menambahkannya.

> Kalau orang dapat menggunakan api untuk siar-bakar merusak bumi, kenapa
kita tidak menggunakannya untuk memasak nasi...?

> Salam,
> -- MakNgah
> Sjamsir Sjarif
> Di Tapi Riak nan Badabua
> Di Santa Kuruih Kalipornia, January 24, 2013

begitu hasilnya. Justru tantangannya adalah membuat ekses negatif jadi
positif dan positif jadi more positif.

masuk listrik tahun 2002. Saya belajar -- kadang -- pakai sitarongkeang.
Sering dama togog. Sampai tamat SMA. Bisa masuk UI jg. Senior2 sy belajar
di atas kerbau, bisa masuk ITB. Malam kami bagurau di surau, basilek. Tanpa
listrik, tp ada sitarongkeang, ada lentera, ada dama. Lalu jam 10 sudah
tidur, istirahat, subuh bangun. Era TV? Bagadang untuk nonton film
hollywood atau bola. Tak bisa bangun Subuh. Bakaruah. Telat sekolah.

baik, misalnya jd lokasi wisata -- ala Batang Piaman --, lokasi seperti ini
malah tidak perlu diterangi listrik. Syaratnya, ada visi itu. Dibangun bbrp
rumah baheula, tanpa listrik, dengan lingkungan alami, dijepit bukit, ada
batang narehnya, ada ikan gariang, ada pohon tinggi. US$ bisa habis utk itu.

termasuk di Tandikek. Yg sy temukan, ya, apalagi kalau bukan utk mengakses
situs2 porno. Byk kampung punya listrik, tp yg masuk bukan kesejahteraan,
tetapi yg lain: kemiskinan ekonomi, kemiskinan kultural, kemiskinan
religius. Aplg tayangan televisi kita, lbh konsumtif.

masyarakatnya bahagia, kenapa tidak. Dan koq sy menemukan sisi "ajaib" itu
dalam artikel yg dikirim oleh Mak Ngah. Coba kita baca lagi :D

Jakarta Pusat. Twitter: @IndraJPiliang

Koretapi Wisata nan dibanggakan ilia mudiak. Piaman ka mambuek Wisata Laut
panuah jo cito-cito nan disumbangkan ka Calon Walikota nan sadang
dialu-alukan di Lapau ko. Pekikan Hati Rang Kampuang Batang Piaman di bawah
ko sabana paralu kito simak. Mudah-mudahan anak-anak sikolanyo dapek pulo
mambaco jo Lampu nan Indak Baminyak.

Piaman ko. Mudah-mudahan Pakiak nan Indak Kadangaran ko

sambil menunjuk ke arah lampu yang menggantung di depan­nya. Lampu itu
terus ditatap, matanya menerawang, tangan kanan­nya menempel di bibir
dengan sebatang rokok kretek, dihisapnya dan pipinya mulai mengerucut lalu
huffff…asap pun keluar dari bibir hitam itu, melayang lalu memudar, seperti
mulai pudarnya harapan Mawardi dan sejumlah warga untuk merasakan cahaya
dari listrik di Korong Batang Piaman, Nagari Koto Dalam, Kecamatan Padang
Sago, Kabupaten Padang Pariaman.

surya dan aki rusak untuk penerang malam, dan itu pun hanya bertahan
beberapa jam. Kami hidup di era teknologi namun kami merasa hidup di
kegelapan," ucap Mawardi, Selasa (22/1).

lainnya sejak puluhan tahun lalu. Warga pun seperti hidup di tempat nan
asri namun terkurung oleh tingginya pohon-pohon keti­dakpedulian para
pemimpinnya. Terletak di kawasan lembah yang diapit oleh dua bukit,
menjadikan Batang Piaman kam­pung nan asri, sejuk dan damai. Ki­cauan
burung di atas padi, hem­busan angin dari lembah bukit di Batang Piaman
seolah menjadi teman setia warga setiap memulai aktifitas di pagi hari.
Mayoritas pe­kerjaan dari 154 (KK) Kepala ke­l­uarga di Batang Piaman
adalah petani.

mengadu, mereka hanya meminta hak yang sama seperti masyarakat lainya,
yaitu menikmati seberkas cahaya dari listrik untuk anak-anaknya yang ingin
belajar, maupun untuk kebu­tuhan sehari-harinya. Jika malam menjelang
Korong Batang Piaman seperti kampung sunyi nan gelap, jangan berharap bisa
mendengar lantunan musik, atau pun lukisan cahaya yang keluar dari
televisi, yang ada hanya nyanyian jangkrik malam dan sahutan katak.

http://www.harianhaluan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=20660:batang-piaman-kampung-nan-jauh-dari-listrik&catid=2:sumatera-barat&Itemid=71

Sul Sel

Teruuusss...!

http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/01/02/negeri-sentosa-tak-tersorot-kamera-515702.html

lain wajib mencantumkan sumber: ~dari Palanta R@ntauNet
>   1. E-mail besar dari 200KB;
>   2. E-mail attachment, tawarkan di sini & kirim melalui jalur pribadi;
>   3. One Liner.
mengganti subjeknya.

Wassalaamu'alaikum
Dutamardin Umar (aka. Ajo Duta),
suku Mandahiliang,
lahir 17 Agustus 1947.
nagari Gasan Gadang, Kab. Pariaman.
rantau Deli, Jakarta, kini Sterling, Virginia-USA