Sanak Rahima,
Ambo alah pernah ma agiah tau, ambopun indak pulo ahli di adaik apolai
agamo.
Nan ambo nilai adolah email2 sanak, sanak memang ahli di hadis tapi indak
di bidang adaik,

Pernah ambo analogikan,

Kalau ahli matematika ka maninjau fisika dari sisi matematika, handaknyo
mangarati pulo fisika.

Jadi hal nan samo dikecekkan mak datuak endang, sanak alun punyo kompeten
mambahas adaik.

Ok lah, nan dari ambo beda jo mak datuak Endang, nan dari mak datuak
endang sanak bisa manarimo.
Sanak ikuti sajo nasehat mak datuak Endang,
Satantang pertanyaan sanak, Ambo indak akan menanggapi lai.

Kok ado nan salah dibari maaf ambo, ambo ndak akan badiskusi masalako jo
sanak.

Salam
Is Sikumbang, 39+
www.cimbuak.net
kampuang nan jauah dimato dakek dijari
Blog
http://palantaminang.wordpress.com
http://urangminang.wordpress.com

Saya memang ngak berkompoten tentang adat. Tetapi saya
bertanggung jawab mengemukakan adat yang bertentangan
dengan Islam.
?

Adanya penurunan, pengaturan dalam hak pakai/garapkan?
LANDASANNYA APA? Dan ngatur-ngatur ini di kelola oleh
si A, si B, ini namanya apa.mengatur dengan menetapkan
saat ini harta pusaka ini jatuh pada si A, si B
dst..ini namanya apa? Pengurangan atau penambahan..?
PEMBAGIAN JUGAKAN? sanak bilang pula bukan warisan
harta pusaka tinggi itu. Saat meninggal dan diturunkan
namanya apa?

Saya rasa jelas sekali statemen saya. hanya sanak
berusaha saja agar tidak ada yang mengatakan :"Ada
dalam adat Minangkabau, tentunya yang saya maksudkan
harato pusaka tinggi jatuh pada garis keturunan ibu
saja, juga kawin sesuku sudah jelas salah dan
bertentangan menurut Islam".

Sanak berusaha untuk menghindari semua itu. dengan
memberikan alasan-alasan untuk pembenaran, yang
semuanya sudah saya sekat alasan-alasan tersebut.
Silahkanlah jawab kedua pertanyaan saya itu, agar
sanak mengerti manakah adat yang saya katakan
bertentangan dengan hukum Islam.

Lebih baik, seperti Mak Lembang, dijawab dengan jujur,
ngak kena hukum beliau dalam kategori sebuah hadits
yang pernah saya sampaikan, tentang kefanatikan
golongan. Pembelaan terhadap golongan/adat  yang
salah, termasuk sikap fanatik Jahiliyah yang amat
dibenci oleh Rasulullah.Saya justru salut dengan sikap
yang diambil oleh Mak Lembang Alam, akan kejujuran.
Kalau salah itu yah salah, benar itu yah benar. Ini
baru sikap Muslim yang benar-benar Muslim saya lihat.

Ngak perlu pula kita cari-cari beribu alasan, karena
bagaimanapun alasannya, akan tetap saya ikuti arah
alasan tersebut.
Ingat lho, bagaimana betapa banyak alasan yang
dikemukakan, katanya pusaka tingi itu wasiatlah,
amanahlah, inilah, itulah, harta kaumlah, publiklah.
Semua saya jawabkan? Tetapi adakah sanak menjawab
pertanyaan saya yang dua itu?

Saya ulangi pertanyaan saya :

1). Benarkah menurut pendapat sanak harta pusaka
tinggi jatuh kepada garis perempuan saja. Dimanakah
landasan berpijaknya dari syara'?
2). Benarkah menurut pendapat sanak larangan kawin
sesuku, dan memberikan sanksi, yang mana ini dilakukan
sebegitu lamanya dari tahun-ketahun sementara islam
membolehkannya? Mana landasan berpijaknya menurut
syara'

Jawab saja ini. Beres semuanya.

Wassalamu'alaikum. Rahima

> Salam
> Is St Marajo

Looking for last minute shopping deals?
Find them fast with Yahoo! Search.
http://tools.search.yahoo.com/newsearch/category.php?category=shopping

http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tuliskan Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian yg tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.