--- [EMAIL PROTECTED] wrote:

> Da Riri,
> Iko bukan statement ambo da, tapi itulah kadudukan
> pusako tinggi dalam
> adaik nan ambo tau, sasuai jo nan dikamukokan Hamka,
> Tanah pusako tiang
> rumah gadang, Tuangku nan renceh mambunuah
> keluarganyo nan indak
> sumbayang, tapi nyo tau ba'a bana nan disabuik
> pusako tinggi, ndak digisia
> dek baliau.

Kita harus mempelajari betul apa maksud dari per
kataan Buya Hamka. Saya termasuk orang yang mengagumi
tulisan-tulisan beliau. Hampir 90% isi lemari buku
Almarhum ayah saya adalah buku2 Hamka, yang diberikan
kepada saya. Dan sayapun tertarik masuk pesantren
akibat membaca buku beliau juga buku Imam Al Ghazali.

Tetapi saya tidak fanatik dan mengkultus individualkan
seseorang. Saya pengagum Bapak Quraish Shihab, tetapi
saya tidak mengkultuskannya dan mengaguminya, sehingga
saya telan mentah-mentah apapun yang dikatakannya.
Saya pelajari dulu apa maksudnya, saya baca seluruh
atau minimal kebanyakan buku-buku karangannya, untuk
memahami secara keseluruhan pandangannya.

Saya pernah membaca di RN ini, bukan tulisan beliau
dari bukunya langsung, yang mengatakan :"Harta kaum
dibagi oleh kaum itu sendiri".

Saya berpandangan akan pendapat Hamka ini(kalau
semacam ini), Bisa jadi ada dua hal

1. Harta kaum pusaka tinggi yang dimaksud Hamka yang
mana dulu.

2. Kalau diurus oleh kaum, dari perkataan beliau. Itu
bisa saja, pengurusannya diurus siapapun, mau kaum
kek, mau ibu2 saja kek, mau bapak2 kek, datuk2 kek.
Siapa saja yang di utus untuk pengurusannya silahkan
saja. Asalkan pengurusannya dalam pembagian baik itu
garap dan milik, haruslah sesuai dengan ketentuan yang
telah ditetapkan oleh Islam.

> Ambo indak mangarati agamo da, tapi pegangan ambo
> dalam hal iko.
> Ulama2 besar di minangkabau sajak dulu banyak, tantu
> tangguang jawab
> baliau untuak maluruihkan nan salahko, kalau iko
> memang salah tantu
> seluruh ulama itu bisa bersatu dan mambuek satu
> statement "Harato pusako
> tinggi bertentangan jo agamo". Karano mereka
> tamasuak dalam 3 tungku pilar
> adat minangkabau. (Alim ulama, cadiak pandai,
> pemangku adat).

Setahu saya, banyak pula ulama dulu yang mengkrtik
maslaah harta pusaka tinggi ini. termasuk salah
satunya Syekh Ahmad Khatibkan?(meski saya juga hanya
mengetahuinya dari perkataan di milist juga yang
lainnya, saya sendiri belum membaca secara langsung
tulisan beliau).
Dan disini , juga pernah beberapa orang yang ilmu
pengetahuan adat juga agamanya bagus, juga mengkritik
masalah inikan?

> Ado ruang untuak alim ulama dalam maluruihkan iko.
> Nan awak rakyaik
> badarai tantu ikuik keputusan itu. bukankah patuah
> ka peminpin yang bana
> wajib pulo hukumnyo.

Iyah, benar, wajib patuh kepada pimpinan. Tetapi
kepatuhan tersebut setelah patuh pada keputusan Allah
dan rasulNya. Kalau ada Nash, syari'at dalam masalah
ini, kepada siapa kita patuh. Apa kepada Pemimpin,
padahal sudah jelas nashnya? Bukankah didalam AlQuran
disebutkan:

"Ta'atilah oleh kamu Allah dan RasulNya.Maka, jika
kamu berselisih akan suatu hal, maka kembalikanlah
kepada Allah dan rasulNya(adakah disana disebutkan
pada Pemimpin, dikembalikan, bila kita berselisih?
Tidak adakan, pasti pada Allah dan RasulNya".

> Manuruik ambo pribadi, agamo adolah adat nan sabana
> adat, iko adat nan
> babuhua mati, indak lakang dek paneh, indak lapuak
> dek hujan.
> Mutlak hukumnyo patuah terhadap agamo. Sagalo adat
> basandikan ka agamo.

Kalau iya begitu. Tolong sebutkan landasan
agama,(syari'at) yang disuruh kita membagi harta
pusaka tinggi jatuh pada garis keturunan padusi saja,
tidak kepada garis keturunan bapak2nya. Landasan saya
jelas, dan sola kepatuhan pada pemimpin, sudah pula
saya sekat dengan dalil diatas.

Kemudian, pertanyaan saya kedua, belum juga dijawab.

Mana landasan sebahagian yang dilakukan oleh negari di
Minang "larangan kawin sesuku?".

Ada dua hal, belum dijawab pada saya.Silahkan jawab
itu.

Soal Tahlilan, perayaan Tabuik, Basafa, dan lainnyo,
tagantuang seseorang se lai. Kalau itu merupakan adat
di Minang, atau tradisi yang ada dimasyarakat ranah di
Minang, tentu itu pula yang disalahkan. Mau itu adat
nan sabana adat, atau adat nan diadatkan, atau palah
namanya. Disitu pulalah letak kesalahannya.

Wassalamu'alaikum. Rahima.

> [...]
> oleh
> suatu generasi ke generasi berikutnya. Tapi tidak
> berarti seluruh pusaka itu merupakan subyek untuk
> dibagi-bagi oleh generasi berikutnya tsb.
>

> Contohnya, di teks lagu Minangkabau ... pusako
> bundo;
> atau Indonesia Tanah Air Beta ... pusaka abadi nan
> Walaupun judulnya "pusaka", tapi kan bukan untuk di
> bagi-bagikan menurut hukum waris manapun ...
>
> Riri
> L 46 ---

> Be a better friend, newshound, and
> know-it-all with Yahoo! Mobile.  Try it now.

http://www.yahoo.com/r/hs

http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tuliskan Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian yg tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.