Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Rangkayo Hanifah sarato Rang Lapau nan Basamo,

Pertanyaan penting. Saya kira banyak Orang Awak yang merasa lebih
bingung lagi dari Rangkayo Hanifah.

Salam,
--MakNgah
Sjamsir Sjarif

--- In [EMAIL PROTECTED], hanifah daman <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Waalaikum Salam Wr Wb bapak Saaf yth
>

>   Sebenarnya hanifah juga termasuk yang bingung.
>   Yang hanifah bingungkan adalah kenapa bapak sering mengatakan
bahwa ABSSBK telah terkatung katung hampir selama 170 tahun. Padahal
dari adat dan kebiasaan yang kami jalani di Banuhampu dulu ketika
dikampung, rasanya tidak ada yang menyalahi ajaran agama. Kalau
sekarang tidak seperti dulu lagi, itu mungkin karena adat berbuhul
sentak. Ada penyesuaian mungkin karena pengaruh ekonomi dimana adat
yang membutuhkan biaya dan ruangan yang besar serta waktu yang lama,
sudah di coba dipangkas disana sini. Kalau kehidupan orang yang jauh
dari norma agama, itu juga bisa dimaklumi mungkin karena pengaruh
dari dunia luar yang pesat, sementara langkah antisipasi tidak
disesuaikan. Seperti pendidikan agama anak-anak yang terlupakan.

>   Tentang pewarisan pusako yang sering menjadi masalah salah satu
penyebabnya mungkin karena kurangnya komunikasi dari orangtua ke
orang muda tentang cara pewarisan di Ranahminang. Terus terang,
hanifah baru tau cara pewarisan tersebut di milis. Kebetulan pula
Alhamdulillah, diantara kami bersaudara se nenek, tak seorangpun
saat ini yang hidup daro pusako. Pusako tersebut Alhamdulillah telah
pula mampu meringankan beban beberapa keluarga yang memanfaatkannya.

>   Pertanyaan hanifah
>
>   Apa dasar bapak menyatakan pernyataan bahwa ABSSBK masih
terkatung katung? Mohon dilengkapai dengan data untuk interval 170
tahun tersebut.
>   Karena bapak sendiri toh tidak menjalani hidup di tengah suku,
sehingga tidak mungkin bapak tau seperti apa kehidupan beradat di
Ranahminang. Maaf kalau hanifah salah

>   Hal ini penting bagi hanifah, supaya kebingungan hanifah jadi
sirna,. Maklumlah karena adat salingka nagari

>   Semoga bapak tidak keberatan untuk menjawabnya. Mohon maaf kalau
bapak tidak berkenan.

>   Wass
>
>   Hanifah Damnhuri
>
>   NB. Bapak Lies di Bulando, kalau ado catatan tantang partanyaan
hanifah di atas boleh jugalah dilewakan untuk membantu bapak Saaf
menjawabnya. Makasih

> "Dr.Saafroedin BAHAR" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>           Assalamualaikum w.w. para sanak sa palanta,
>
> Di bawah ini saya sampaikan sebuah catatan singkat tentang rapat
pertama Tim Perumus Kompilasi Hukum ABS SBK yang diadakan pada
tanggal 5 Maret 2008 yang lalu bertempat di Kantor Gubernur Sumatera
Barat, sebagai informasi bagi para sanak sekalian.

http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tuliskan Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian yg tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.