Kalau anda mau mencari kebenaran, pergilah ke Solo, atau minta rekan anda
di Solo, untuk pergi Solo Techno Park, lalu ke SMK yang melibatkan
siswa-siswa mereka dalam pembuatan mobil hasil praktek (latihan) itu. Kalau
komponennya utamanya berasal dari berbagai pabrik, atau dari komponen bekas
yang direkondisi, itu wajar-wajar saja.
Mungkin ada bagian yang benar soal proses pembuatan atau bahan sparepart
dari cerita yang dikarang dengan baik oleh pengarang di bawah. Tetapi,
plintiran arah cerita, dan info yang disajikan harus valid dulu.
Posisi pernyataan Pak BJ Habibie adalah opini umum yang kemudian diarahkan
untuk menyudutkan. Dalam komunikasi politik, namanya, sudah ada framing.
Sejarah Esemka adalah sejarah semangat untuk menghargai karya anak bangsa,
yang diharapkan bisa menular lebih besar kepada generasi muda lainnya.
Bukan semangat untuk membanggakan bahwa sekelompok orang di Solo itu sudah
bisa membuat mobil nasional. Terlalu kejam orang-orang yang berusaha
menggiringnya ke isu penipuan.
Asal mula Jokowi turun tangan mendukung karya sekelompok warga Solo itu
adalah karena karya itu dicueking ketika ikut pameran di Jakarta dan
Bandung. Tidak ada apresiasi yang memadai dari Wapres dan Menteri yang
menghadiri pameran atas karya lokal yang dibuat bermodalkan semangat
berkarya itu. Ini jelas bukan buat sebuah pabrik mobil nasional. Ini di
atas sedikit dari hasil prakarya anak sekolah karena melibatkan fasilitas
Solo Techno Park, Bengkel lokal dan guru serta siswa sebuah SMK di Solo.
Sekali lihat semangat mereka. Jokowi melihat semangat, etos kerja, motivasi
untuk berkreasi, apalagi di bidang manufaktur adalah modal bangsa ini utk
lepas dari cengkeraman para industrialis asing (Jepang).
Ketika para siswa dan guru SMK itu merasa kurang dapat apresiasi yang
cukup, mereka akhirnya curhat ke Jokowi. Oleh Jokowi langsung direspon
dengan mengatakan, "Bikin agak lebih bagus lagi. Nanti akan saya nyatakan
sebagai mobil dinas saya." Mereka pun bersemangat untuk berkarya kembali,
sampai akhirnya jadi produk yang sudah disempurnakan dua unit. Lalu, Jokowi
memenuhi janjinya untuk memperlihatkan ke publik karya campuran antara
kerja mesin dan kerja manual itu. Pesan yang ingin disampaikan oleh Jokowi,
kalau kita mau menangkap maksud baiknya, "Mari menghargai kreatifitas
putera-puteri kita seberapapun kecilnya." Tanpa diduga, cara Jokowi
menyampaikan pesan itu membuat heboh.
Karena Jokowi kemudian didorong banyak orang untuk maju menjadi Gubernur
DKI, urusan penyampaian pesan "untuk menghargai prakarya anak-anak lokal"
tadi dijadikan isu politik. Sampai saat ini.
Nah, sekarang silahkan anda lacak info dari saya ini. Tentang Solo Techno
Park yang dibangun oleh Jokowi, sejak ia baru menjabar Walikota, tentang
anak-anak SMK dan para gurunya, tentang pameran produk pertama Esemka yg
dicuekin di Jakarta dan di Bandung, dan seteusnya.
Info ini dibuat oleh orang yg jelas identitasnya: Andrinof A Chaniago.
Bukan pengarang yg bersembunyi entah dimana dan menyebarkannya sebagai
bahan untuk menyerang sosok seseorang.
Saya sudah berkunjung ke Solo Techno Park, ke SMK tempat asal sekelompok
siswa yang ikut membuat mobil-mobilan itu. Saya juga telah melihat 4 unit
mobil Esmka yang terdiri dari 2 unit mobil penumpang, dan 2 unit mobil
double cabin. Saya pun merekomendasikan supaya yang diseriusi itu yang tipe
double caon saja. Karena yg tipe mobil penumpang lebih sulit lagi bersaing
dengan buatan ATPM. Kalau double cabin, pasarnya di pedesaan dan
perkebunan, sehingga bisa ikut bersaing dengan produk ATPM yang canggih itu.
Demikian tanggapan saya untuk semua yang mau berpikir jernih dan kritis di
era yang serba politik ini.
Terima kasih.

Andrinof A Chaniago
Dosen Kebijakan Publik di UI
Pendiri Tim Visi Indonesia 2033
Sangat ingin bangsa ini maju, termasuk dalam sikap mental, keadaban dan
kecerdasan