Betul sanak Bot

Perbedaan harga bisa terjadi di mana saja dan tentang apa saja. Saya tidak
melihat adanya standar yang betul2 berlaku umum untuk suatu produk. McDonald
atau IBM aja yang katanya ada di seluruh dunia pun harganya tidak standar.

Untuk mengurangi kemungkinan dispute, harga itu dinyatakan secara tertulis.
Tetapi seringkali itupun pakai embel2, misalnya yang satu excl pajak, yg
satu pakai tanda asterik dengan penjelasan yang sangat kecil di footnote
*condition applied" (dan ini di mana2 di dunia lho).

Kalau mau tidak kecewa, ya calon konsumen harus nanya.

Cuma yang bikin saya heran, seringkali para turis bule terhormat itu kalau
di kampungnya bisa abis2an cari informasi ke sana kemari tentang tempat yang
akan dikunjungi, dia datang ke travel agent, telpon, lewat internet, lewat
brosur, leat majalah dst. Tetapi begitu sampai di kampuang awak, dia "lupa"
segala macam ilmu itu.

Kemudian beliau2 merasa "dipakuak". Mereka teriak. Dan teriakan mereka pun
diperkeras oleh awak2 ko.

RIri
L 46

2008/5/18 Bot S Piliang <[EMAIL PROTECTED]>:

> Mmm...sekedar sumbang saran
> Memang harga tinggi sih sah-sah saja. DI Bali jug abegitu kok, harga untuk
> internasional dan domestik juga berbeda.
> HAnya saja di Sumbar, harga tersebut tidak standar. Sehingga turis pun bis
> amengira-ngira apa dan kelas apa mereka akan makan. Ya, kalau nasi kapau di
> PAsa Ateh dipatok mahal, ya kalau gitu turis yang berkocek tebal yang bisa
> makan disana. Secara, tidak semua turis, baik nusantara atau bahkan asing
> yang berkocek tebal. Yang ada mereka kapok dan berpikir "ternyata di makan
> [...]

melalui jalur pribadi
dibanned
- Hindari penggunaan reply utk topik/subjek baru