---------- Forwarded message ----------
From: Reni Nuryanti <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Oct 22, 2008 5:54 PM
Subject: Salam Kenal
To: [EMAIL PROTECTED]

Assalamu'alaikum Pak Abraham Ilyas..

Salam kenal, saya Reni Nuryanti yang menulis PEREMPUAN MINANGKABAU MASA
PRRI. Saya membaca email bapak ke Pak Jacky, yang terkirim ke saya.Betul,
apa yang bapak tulis, bahwa kekerasan terhadap perempuan memang ada yang
dilakukan oleh OPR. Tetapi, demikian juga oleh pihak APRI. Ini saya temukan
di Solok, dimana APRI menempati rumah2 istri tentara PRRI. Lain dengan apa
yang terjadi di Sumpurkudus. Disana mulai muncul istilah ganja batu dan
ganja kayu yang demikian santer, setelah PRRI. Para perempuan itu tidak
dinikahi APRI tetapi orang PRRI sendiri yang sudah berkeluarga. Mereka
banyak ditinggal begitu saja setelah PRRI. Beda dengan di Bukit Batuah di
Agam, salah seorang perempuan mengaku pernah stress karena disekpa bermalam2
oleh OPR. Nah, dalam hal ini, saya melihat bahwa tindak kekerasan ataupun
memori kesedihan bagi perempuan di Minangkabau, bukan hanya diakibat OPR,
tetapi juga APRI dan APRI.Dalam hal ini, agar lebih bijak, saya akan
melihatnya
dalam sudut pandang sosial, militer, biologis serta psikologis. Oya pak, ada
yang cukup mengagetkan bagi saya. Ada seorang perempuan di dusun terpencil
di Solok, namanya Rakana. Dialah satu2nya perempuan yang menjadi tentara
pelajar yang ikut berperang melawan APRI. Dia bersama 10 orang kawan
laki2nya selama 3 tahun di hutan.Tampangnya khas, dengan rokok yang hampir
tak pernah berhenti mengepul.Mungkin ini dulu dari saya Pak, saya sedang
menulis bab tentang perempuan, InsyaAllah kalau udah jadi, saya kirim.

Salam hangat,
Reni Nur

Dapatkan nama yang Anda sukai!
Sekarang Anda dapat memiliki email di @ymail.com dan @rocketmail.com.