Mak Sati,

He he, ambopun bukan urang kareta. Tapi kadang2 ado lo lamak nyo awak
membahas nan bukan bidang awak ko, Mak Sati, awak bisa membahas "tanpa
beban", he he.

Iyo batua, bisa saja tidak economically profitable kalau dilihat untuk asset
yang di Sumbar, tapi profitable untuk perkeretapaian secara keseluruhan.
Atau memang secara keseluruhan tidak menguntungkan, tapi ada misi tertentu
dari semua ini. (*Saya pernah baca ada yang namanya "Cetak Biru Pengembangan
Transportasi Perkeretaapian; mungkin ini bisa menjelaskan, tapi kan awak
ndak punyo lo dokumen tu do, ha ha*)

Kalau memang tidak profitable, tetapi tetap mau dijalankan, ya memang harus
ditunjang APBN (bukan APBD, krn menurut PP 38, kereta lebih banyak
kewenangan pemerintah).

Kalau ditawarkan ke asing ..., ambo ndak tau lo do, tapi ambo danga dari
kawan2 bahwa Jepang melalui JICA akan membantu kereta, tapi mungkin arahnya
untuak transportasi massal.

Kemungkinan jaringan Aceh - Lampung rancak juo. Tapi mungkin Dephub/ KAI
indak mengarah kasitu do, sebab ambo baco, kereta nan dikembangkan di Aceh
menggunakan gauge (jarak antra 2 rel) internasional, 1435 mm, bukan 1067mm
bantuak di awak. Atau mungkin juo Aceh ka disambuang ka subarang lauik,
kalau nan ka nagari awak nyo nantik pakai conversion, atau urang pindah
gerbong.

He he, mak Sati, makin lamak ota awak tentang bidang nan di lua bisang awak
jadinyo

Riri
Bekasi, L 46

melalui jalur pribadi