Yth Buya Syaf dan Namak Andi Ko..

Terima kasih atas dukungan Buya dan sumbang saran Mamak Andi Ko.
Saya sendiri belum pernah ke daerah Sungai Pisang, tapi alhamdulillah saya
sudah pernah ke Pulau Sikuai, dan Pulau Sironjong. Saya juga pernah melihat
samar-samar perkampungan nelayan Sungai Pisang sewaktu pergi dan pulang dari
Sikuai menuju Muaro Padang. Tapi saya sering mengamati keindahan kawasan
Carocok dan Sungai Pisang ini dari Google Earth.
Sewaktu masih bertugas di Denpasar, saya pernah mengikuti sebuah seminar
tentang kepariwisataan. Dimana trend wisata kedepan adalah eko-sosio-cultur
tourism. Mass Tourism sudah ditinggalkan. Dan sumatera barat sangat beruntung
bahwa kita memiliki semua itu, potensinya jauh lebih besar dari provinsi
manapun di Indonesia. Kawasan Sungai Pisang dan Carocok Mandeh adalah harta
bahari terakhir Minangkabau. Kalau tidak cepat-cepat di tangani dengan baik,
bisa jadi harta karun ini akan tergerus pembangunan yang membabi buta.
Saya sempat kaget melihat beberapa masterplan yang dibuat oleh petinggi2 di
Sumbar beberapa tahun yang lalu (maaf via googling saja, karena saya tidak ada
akses ke Dinas Tata Kota), ketika itu ada rencana menyulap kawasan Mandeh untuk
menjadi pusat wisata seperti Kuta atau Pattaya, dan master plan kawasan gunung
padang dan muaro yang menurut saya sama sekali tidak mempertimbangkan unsur
heritage dan lingkungan. Alhamdulillah rencana itu kandas karena investor
keburu hengkang karena gempa yang melanda.
Kalau lah boleh ambo nan mudo matah, umua nan baru satahun jaguang, darah nan
baru satampuak pinang, pangalaman nan alun sabaro ko...buliah memintak ka pada
mamak2 nan ka ikuik dalam kongres kebudayaan Minang nanti, agar pada saat
kongress nanto dapat ditetapkan dan dirumuskan wilayah-wilayah cagar budaya dan
cagar alam yang ditunjang oleh adat Minangkabau.
Ambo raso, antara konsep cagar budaya/cagar alam dan adat minangkabau masih
allign, berada pada garis yang sama.

Buya Syaff, alasan lain kenapa Sungai Pisang mendapat perhatian dari ambo,
karano di Sungai Pisang lah masyarakat adat yang akan menjaga kelestarian
kawasan ko (ambo indak tahu kalau di daerah Carocok Mandeh, masyarakat adat ma
nan memiliki hak ulayat disitu?). Kegagalan kawasan konservasi nan ambo lihat
dari kacamata ambo nan mudo matah ko adalah karena menjadikan masyaraat hanya
sebagai objek, bukan sebagai pemain disana.
Kapan paralu untuak masyarakat Sungai Pisang dan Carocok Mandeh ko diadokan
penyuluhan intensif dari Unand atau lembaga pendidikan lain untuk membuat
masyarakatnya paham akan peran penting keterlibatan mereka dalam menjaga
kelestarian kawasan tersebut (terutama alam bawah laut), kapan paralu wali
nagari dan kapalo mudonyo nan diajak studi banding ka daerah-daerah nan sukses
dengan konservasi alam baharinya, seperti kepulauan Seribu, Karimun Jawa dan
Wakatobi bukan pejabat-pejabat(kalau pejabat-pejabat malah pado hopping
jadinyo..hehehe).
Usulan Buya untuk kawasan Muaro Padang sebagai kawasan cagar budaya
sangat-sangat ambo dukuang (dukuangan ko bukan sekedar dukuang doá, tapi ambo
siap membantu semaksimal mungkin nan ambo bisa..).
Sepertinya memang kita tidak bisa lagi cuma 'manongek'pemkot atau pemda, tapi
langkah-langkah kecil dan langkah kebudayaan inlah yang diperlukan saat ini
(menurut hemat ambo, langkah budaya adalah langkah paliang nyata dan langkah
jauah ke depan..).

Sekianlah ciloteh ambo nan mudo matah ko, kok talabiah takurang erang jo
gendeangyo, kok tak sasuai ragi jo coloknyo, kok ado nan talantuang ka naiak
talendo ka turun, maaf jo rila diminta ka tangah palanta...

Wasalam...

Bot Sosani Piliang
Just an Ordinary Man with Extra Ordinary Dream
www.botsosani.wordpress.com
Hp. 08123885300