Allah SWT melarang prasangka karena sebagian prasangka itu dosa. Daripada
"berghibah ria", IMHO, lebih baik subscribe ke Surau dan buka file-file
mengenai pendapat-pendapat dari apa yang dilabeli "ingkarussunnah" tersebut.

Berikut saya salinkan sebuah posting dari Hendri yang pernah saya sebut dalam
posting saya sebelum ini. Apakah kepada yang bersangkutan patut diberikan label
"ingkarussunnah", dan pendapatnya pantas menjadi bahan olok-olokan, saya
pulangkan saja kepada hati nurani kita masing-masing.

Wassalam, HDB-SBK (67-)
Asal Padangpanjang, tinggal di Depok, Jawa Barat

Re: Tentang Shalat Jum'at
Posted by: "lim pato" kulin...@.......
Fri Mar 5, 2010 4:14 am (PST)

Salamun'alaikum,

Bagi saya Mak Kassim ada nilainya, beberapa hal saya tidak sependapat Mak
Kasim, tapi dalam banyak hal saya sepakat, terutama dalam hal mendudukkan,
mengembalikan kewibawaan Alquran di hadapan hadits. Alquran adalah dalil atau
hadits utama atau hadits terbaik, dan tidak satu potong haditspun yang selalu
diatributkan berasal sebagai Nabi boleh mengubah ketetapan Allah. Hadits itu
disusun setelah 300 tahun, dan kisah penyusunan hadits itu sama lamanya dengan
kisah penyusunan kitab agama Nasrani yang ada 4 versi mirip dengan 4 mazhab
pada kita. Selama kurun waktu tersebut, tidak ada jaminan bahwa apa yang
dikatakan hadits itu akan benar sepenuhnya dan diterima saja bulat-bulat tanpa
dibandingkan dengan sumber otentik, yang dari awal sudah dibukukan yakni
Alquran.

Jika ada hadits yang bertentangan dan mengubah ajaran Allah, sepertinya ada
empat golongan
a. Menolak menjalankan hadits, dan memihak pada Alquran
b. Membuat kombinasi dan berusaha mencari jalan damai dengan alasan-alasan
tertentu
c. Meninggalkan ajaran Allah dan menjalan hadits
d. Tidak punya pendapat, mengikuti saja orang yang banyak, supaya aman dan
tidak dicap kafir, murtad dan lain-lain sampai pada tindak kekerasan atas nama
agama bahkan dilakukan.

Setelah 1400 tahun, Alquran tidak berubah, Allah telah berjanji menjaganya,
namun pemahaman dan bagaimana menjalankan ajaran Allah itu mungkin telah
bergeser karena berbagai hal termasuk pengaruh hadits yang demikian kuat di
kalangan umat.

Beda pendapat memang sudah suratan , ini adalah taqdir dari Allah yang
menciptakan kita bersuku bangsa, dan juga berbeda pendapat karena latar
belakang beda.

Di surau maya ini juga ada jemaah Ahmadiah, dan bermacam2 golongan, apakah
mereka harus diusir dari surau ini? Waktu berjalan terus, pikiran kita akan
senantiasa berkembang dan berubah, kita tidak tahu suatu saat nanti, kita
sependapat dengan orang yang kita sangkal sekarang. Kita atau mereka yang
berubah, keduanya bisa terjadi, selagi masih hidup di muka bumi ini.

Perbedaan pendapat tentang pemahaman agama sudah terjadi di Minangkabau selama
ratusan tahun, meskipun ada gesekan berdarah semasa zaman Paderi, namun pada
akhirnya, mereka sama-sama sadar, bahwa kekerasan hanyalah memicu perang dan
sengketa berkepanjangan seperti apa yagn terjadi antara Suni dan Syiah, di
Timur Tengah sana, mereka saling bunuh-bunuhan gara2 ini. Saya tidak tahu,
apakah Allah rela melihat umatNya yang dikatakan sebagai ummatan wahidan
menumpahkan darah demi agama. lalu terjadilah rekonsialiasi adaik basandi
syarak, syarak basandi kitabullah di Minangkabau. Sampai saat ini, beda surau,
beda pemahaman, dan ketika sudah beda, biasanya si penanya disuruh pilih oleh
guru, pakai pendapat yang mana, pendapat A , B atau C ?

Jika memang tidak sependapat atau sudah sampai pada deadlock, ya sudah berhenti
saja sampai di sana, semoga tidak diteruskan sampai menggunakan kata-kata
menghina dan tajam. Allah sudah ajarkan kepada kita, serahkan kepada Dia dan
biarlah nanti Allah yang menentukan siapa yang paling benar pendiriannya.

Best Regards,
Hendri