From: Armen Zulkarnain <emeneschoo...@yahoo.co.id>
To: rantaunet@googlegroups.com
Sent: Tue, October 5, 2010 4:35:03 PM
Subject: Bls: Bls: [...@ntau-net] Feodalism jo Sapacokian di Minangkabau,
Antah
Bilo ka ba Akhia

Sanak Bot Sosani Piliang nan ambo hormati, ambo labih melihat "Nagari" sebagai
"grass root" dari tatanan masyarakat adat minangkabau. Sebagaimana yang kita
ketahui, nagari adalah persekutuan dari kaum-kaum yang dipimpin oleh
penghulu-penghulu. Namun, pada saat ini, teramat banyak kaum yang terlipat sako
penghulunya (tidak memiliki penghulu). Dan pada kaum yang ada penghulunya,
tidaklah terdapat komunikasi yang berjalan baik diantara kaumnya, dikarenakan
banyak faktor, seperti tidak berdomisili di wilayah pusakonya (bermukim
dirantau), kurang memahami keberadaan anggota kaum & pusako tingginya, miss
komunikasi & miss understanding (kesalahpahaman) antara anggota kaum dengan
penghulunya, dan masih banyak  masalah-masalah lain yang bisa kita inventarisir
dikemudian hari.

Oleh karena itu pula, saya lebih sependapat bagaimana kita memperkuat Nagari
terlebih dahulu, baik sosial kulturalnya, teknologi & perekonomian nagari.
Sehingga dengan begitu bisa dijalin komunikasi antara nagari, paling tidak pada
nagari-nagari yang ada di 11 kabupaten yang saat ini berjumlah 630 Nagari. Saya
sendiri memiliki daftar kontak masing-masing ketua persatuan wali nagari di
seluruh kabupaten. Dengan begitu, "network" antar seluruh nagari bisa mulai
dirintis, yang selama ini masih terkotak-kotak dikabupaten masing-masing.
Dengan
begitu, bisa dilakukan sharing antar nagari sehingga raso badunsanak bisa
ditumbuhkan di ranah minang.

Mengenai LKAAM, saya masih optimis lembaga ini masih bisa "direformasi" dengan
melepas ketergantungannya selama ini pada Pemerintah Daerah, dan mulai membuka
diri dengan Nagari - Nagari sehingga mewakili seluruh Nagari - Nagari di
Minangkabau.

Mengenai " tunduknya LKAAM pada penguasa wilayah dalam hal ini Gurbernur
(Pemrov) & ternyata tidak mampu menjadi payung panji adat Minangkabu" saya kira
hal ini dikeranakan segelintir kelompok elit, yang tidak bisa dibantah memang
lebih mementingkan kepentingan individu/kelompok dari pada kepentingan Nagari -
Nagari. Masa 44 tahun bukanlah waktu yang sebentar, dimana Orde Baru berperan
besar memberikan pengaruh pada lembaga ini.

Namun dunsanak Bot Sosani Piliang nan ambo hormati, saya kira sejak lebih 10
tahun masa reformasi ini, adalah waktu yang baik untuk membenahi "ke dalam"
rumah kita yang disebut Minangkabau. Tentunya, akan ada
pertentangan-pertentangan menanggapi hal ini, dan "bola panas" itu memang sudah
menggelinding sejak Januari 2010 yang lalu, dimana KKM mulai diwacanakan.

wasalam

AZ - 32 th
Padang