From: "sjamsir_sjarif" <hamboc...@yahoo.com>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Mon, 14 Mar 2011 16:01:12
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: [R@ntau-Net] BUDAYA JEPANG. Kecilnya Korban Tsunami di
 Jepang,Karena mereka hidup "Islami"

Jo Buyuang, itu bana lah nan Nyiak Sunguik katangahkan dalam postiang asli
terdahulu mulo-mulo mancaliak dan mandanga masalah derita dahsyat nan sadang
dihadoki penderita bencana di Jepang:

Berita-berita Hoyak-hoyak Dwi Gampo-Tsunami Jepang merupakan bencana alam
dahsyat yang tak kan dapat kita lalui dan lupakan begitu saja tanpa mengenang
penderitaan masyarakat yang ditimpanya.

Lihat cuplikan salah satu berita terakhir saja:
http://www.ibtimes.com/articles/122035/20110312/minamisanriku-miyagi-prefecture-\
10000-unaccounted-for-missing-japan-earthquake-tsunami_1.htm

Kita di Lapau (Rantaunet) merupakan mailing list terbesar anggotanya di Pantai
Barat Sumatera -- sasaran Gempa-Tsunami yang datang tanpa isyarat. Kalau boleh,
saya mengatas namakan Rantaunet, dan lebih jauh lagi atas nama (tanpa kuasa)
masyarakat Pantai Barat Pulau Sumatera menyatakan rasa simpati sedalam-dalamnya
dan penuh dukacita dari hati nurani kepada Rakyat dan Pemerintah Jepang terutama
di daerah Tempat Kejadian Peristiwa. Kepada para sukarelawan kita menyatakan
salut dari Jauh.

Ketabahan masyarakat Jepang dengan penuh kewaspadaan dan preparedness dari
segala macam kehidupan, telah mengurangi korban yang seharusnya jauh berlipat
ganda. Pengalaman Dwi-Gempa-Sunami di Jepang ini, sebaiknya menjadi pelajaran
kita di pantai Sumatera Bagian Barat. Seminar-seminar di masa depan dalam
soal-soal preparedness dan kewaspadaan yang teratur dapat dipergiat di masa
depan dengan mengundang para ahli di bidang pergempaan dan tsunami ini.

Muda-mudhan kita pun dapat meninggikan kewaspadaan kita di segala bidang di
Sumatra Bagian Barat dan dapat megurangkan korban seandainya daerah kita ditimpa
tanpa rencana pula nanti. Mudah-mudhan malapetaka dahsyat ini tidak kanterjadi.
namun geologis dan geografis daerah kita ada di atas bara hangat yang
sewaktu-waktu dapat menggempa-tsunamikan kita. Hanya waktunya yang tidak dapat
kita predikikan karena kedatangannya menurut kita tanpa rencana. Hanya Allah
subhanahuata'ala yang mahamengetahuinya.

Ya Allah, Tuhan kami mahakuasa, lindungi lah kami dari segala Malapetaka Dahsyat
yang tak terbayangkan seperti itu. Amin...

Salam,
--MakNgah
Sjamsir Sjarif
Santa Cruz, California March 13, 2011
Kita di Santa Cruz juga kena "kapacakan" Tsunami dari Jepang.