Pak MN YSH,

Alangkah mengenanya kesan ini jika Bapak tulis ketika masih menjadi "orang
dalam" dan menyatakan secara terbuka bahwa Bapak menolak untuk hadir pada
tahun-tahun berikutnya.

Sayang sekali setelah jadi orang di balik pagar (mengambil istilah Bapak),
Bapak baru "bersuara" dan mengatakan "So so, dan monotoon!". Setelah 10 kali
hadir sebagai orang yang mengira diri pemimpin (maaf kembali mencatut istilah
Bapak sendiri) baru muncul penilaian yang sesungguhnya.  Kecuali mengira-ngira,
saya tidak tahu persis mengapa baru kini Bapak beropini tentang kegiatan ini.
Tidak ketika matahari tengah bersinar.  Andai saja opini Bapak ini di muat di
media semacam Kompas, mungkin acara ini menjadi lebih baik dari yang kita lihat
kini.  Dan Bapak akan dikenang sebagai pembaharunya.

Namun apapun itu, saya sependapat dengan Bapak betapa monotonnya kegiatan rutin
ini, membosankan, lamban, dan wasting time istilah Pak Zorion.

Seingat saya, baru sekali saya memperhatikan acara ini dengan sungguh-sungguh
diakhir 70-an, karena kekasih saya ada di situ di antara 54 Anggota Paskibraka
sebagai utusan Riau dari salah satu SMA di Pekanbaru.  Setelah itu tidak lagi
hingga saat ini.

Mohon maaf, bila tulisan saya agak "terlongsong" dan tidak patut untuk orang
seusia Bapak dari "paja matah" pula.

Salam.
ZulTan, L, 50, Bogor

If you don't know where you are going, any road will take you nowhere - Henry
Kissinger