menulis:

Dari: jonihendra tarigan <jonihendra_tari...@yahoo.com>
Judul: Re: [tanahkaro] Re: Potensi Listrik Tenaga Panas Bumi terbesar di
Sumatera
Kepada: tanahkaro@yahoogroups.com
Tanggal: Minggu, 27 Juni, 2010, 3:37 AM

      Mejuahjuah mulihi man banta,,

Adi la aku salah Geothermal Sibayak ngolahsa Pertamina, tapi mungkin
kontraktorna asing, epe adi la aku salah,,.

Ada gunung merapi memang indikasi potensi geothermal. Tapi belum tentu sumber
daya yang dimiliki cukup memungkinkan untuk diproduksi. Biasanya untuk
membangun Pembangkit LIstrik Tenaga panas bumi, paling tidak sumber yang ada
bisa menghasilkan listrik selama 30 tahun. Karena investasinya lumayan mahal.

Dengan subsidi minyak di Indonesia, banyak yang lebih memilih pembangkit tenaga
diesel. Karna murahnya bahan bakar, pembangkit geothermal sangat lamban
dijalankan. Di Jawa Barat (Kamojang) geothermal sudah dipakai oleh Belanda
sebagai pembangkit listrik.

Selain listrik, geothermal juga bisa digunakan sebagai pemanas air, ruangan
dll. Untuk peternakan udang tawar misalnya, yang dengan suhu hangat
 akan sangat cepat berkembang. Banyak lagi yang bisa kita manfaatkan. Pemkab
tentunya harus bekrja sama dengan Pelajar dan Masyarakat.

Untuk listrik memang kita butuh uap yang benar2 murni, sedangkan kalau lebih
banyak airnya, kita bisa gunaka sebagai Heat EXchanger di pertanian,
greenhouse,perikana n, pemandian.

Untuk wisata, perlu kemasan yang sangat menarik dan nyaman, baik dari sumber
daya alam dan manusianya.

UNIVERSITAS KARO?? masi ada kah,,?? tantangan ini sangat bagus diambil untuk
perkembangan Geothermal itu sendiri. Lapangan sudah ada,tidak usah jauh- jauh.
Kalau mau bahan atau teory-nya ngata kam biar kukirm langsung jenda nari.(
Pangalengan, Bandung).

Untuk tenaga alternatiflainnya juga mari kita kembangkan. Biogas, di Peternakan
Sapi di Jara Nguda sangat bagus di bangun. Sampah terhairnya lebih bagus untuk
tanah.

Bagem ka lebe sekitar alternatif energy.

Eh sitik kel,, Adi siukuri kel,10.000 MWe, eka
 pe kari labo bias, pertumbuhan penduduk metersa bas kita. Egia mari kita
berusaha.

Mjj,

Salam
Joni Hendra Tarigan