From: didit [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, December 03, 2003 1:56 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [tanya-jawab] OOT Tanya lisensi

Urusan lisensi memang banyak macem-nya (di luar komersial), menurut saya
pribadi jika dilihat secara umum maka ada dua mainstream filosofi
lisensi:
1. GPL (GNU Public Lic.) dan  atau lisensi-lisensi lain yang diakui dan
bisa termasuk kedalam lisensi GPL oleh Free Software foundation (FSF
http://www.fsf.org atau http://www.gnu.org) 2. Opensource dan atau
lisensi2 yang diakui dan bisa dimasukan kedalam kategori opensource
(http://www.opensource.org) oleh Opensource Software Initiatives (OSI)
Secara praktis keduanya hampir tidak ada bedanya yaitu sama-sama
berusaha untuk memberdayakan pengguna software akan tetapi secara
filosofis berbeda (bisa dilihat pertentangan antara kedua mainstream ini
di web-nya masing-masing) Untuk lengkapnya bisa mengunjungi website di
atas.

didit