On Wed, 10 Dec 2003 12:25:39 +0700 (WIT)
 "Irvan A.K" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> terima kasih pak, atas jawabannya..
>
> benar seperti raid bapak, raid ditempat saya yg
> menggunakan adaptec sudah
> saya konfigurasi raidnya dengan konfigurasi mirror,
> karena saya
> menggunakan 2 hard disk pada saat bios SCSI..
>
> tapi pada saat masuk ke linux insttalation, interface nya
> teredeteksi
> tetapi HD yg telah menjadi master - slave mirror tidak
> terdeteksi, atau
> dianggap tidak punya HD..
>
> Apa ada rekan-rekan yang pernah coba mirror raid
> menggunakan adaptec
> [...]

Tapi hardisknya dikenali kan ?. Kalau pakai hardware RAID,
sepengetahuan saya linux akan melihat seakan-akan cuma ada
1 disk saja (semua mekanisme RAID ditangani hardware).

Coba test begini : ubah konfigurasi dari SCSI BIOS biosnya,
dari raid 1 (mirror) menjadi RAID yang lain (misal RAID 5).
 Terus install linux lagi. Mestinya linux akan tetap anggap
sebagai 1 disk saja, tetapi space yang tersedia jadi
sedikit lebih banyak dibanding dengan raid 1 (mirror).

SOL