On Wed, Feb 18, 2004 at 11:29:44AM +0700, Dwi Nugroho wrote:

> saya mau tanya bagaimana caranya membuat filter dengan procmailrc yang
> fungsinya agar email dari user A yang dikirim ke manapun dapat di Cc kan
> secara otomatis ke alamat email B.
> Saya sudah buat di #/home/A/.procmailrc dengan isinya sebagai berikut :
> PATH=/usr/bin:/bin
> MAILDIR=/var/spool/mail
> DEFAULT=$MAILDIR/$USER
>
> :0:
> * ^From.*A
> {
>         :0 c
>         ! B
> }

> [...]

File dot-procmailrc akan dibaca ketima email DATANG ke mailbox yang
bersangkutan, dalam hal ini A. Jadi kondisi recipt tersebut TIDAK akan
dilakukan ketika user A mengirim ke domain lain (ke mana saja) karena
memang tidak akan menyentuh file dot-procmailrc tsb.

Mungkin pak Dwi bisa melihat dokumentasi archiving message di Sendmail
(kalau masih berkutat di Sendmail lho hehe). Yang saya tahu di qmail
bisa diarsip email yang keluar masuk dengan sedikit mengedit source.
Kalau di Postfix, sudah native malah bisa di filter berdasarkan
sender/recipient :-).

Salam,

 Asfihani