On Wed, Feb 18, 2004 at 02:16:43PM +0700, Dwi Nugroho wrote:

> iya pantes yah ndak bisa-bisa sudah saya utak-atik.... coba deh nanti saya
> cari lagi....trims ya mas asfik...
> wah jadi kepingin nyoba postfix juga nih.... hehehe.....

Seharusnya kalau pindah dari Sendmail ke Postfix tidak membutuhkan
effort yang besar :-), karena memang Postfix kiblatnya ke Sendmail.
Mengapa tidak ke MTA lain? Jawabannya bisa bermacam-macam, dan tidak
perlu dibahas lagi :-).

OK, cukup ngebashingnya, coba dilihat di URL berikut ini mungkin ada
yang membuat pak Dwi tertarik:

http://www.postfix.or.id/website/cleanup.8.html

       always_bcc
              Alamat untuk mengirimkan kopi dari tiap pesan  yang
              masuk ke sistem.

       sender_bcc_maps
              Tabel lookup otomatis penerima BCC,  didaftar menu-
              rut alamat pengirim.  Alamat BCC ditambahkan ketika
              pesan masuk ke dalam sistem.

       recipient_bcc_maps
              Tabel lookup otomatis penerima BCC,  didaftar menu-
              rut alamat penerima.  Alamat BCC ditambahkan ketika
              pesan masuk ke dalam sistem.

Salam,

 Asfihani