On Thu, Mar 11, 2004 at 07:49:18PM +0700, Mpu Gondrong wrote:

> Benchmark sepihak itu tidak mencerminkan kenyataan sesungguhnya,
> apalagi tuning yg optimal belum dilakukan.

Tahunya itu bechmark "sepihak" anda dari mana? Apakah karena MA itu
pengguna Postfix? Ayolah, patch dia di qmail juga banyak.

> Coba lihat2 di google, yg mengklaim qmail lebih cepat dari postfix
> juga banyak.
>
> Kalo melihat trend spam + worm yg mengganas spt skr, bottle-neck itu
> justru ada pada db server.

Di Postfix, sebelum mail menyentuh queue, message dengan kriteria
tertentu yang kira-kira merupakan spam atau virus bisa ditolak. Di
(vanilla) qmail? Saya masih ingat betapa susahnya di qmail jika
menginginkan menolak dari sender yang tidak valid domain, baru tahu
ada patch namanya mf-patch.

> Kalo di server saya, dgn token mendekati  5jt record, apes2nya bisa
> 1 mail/s.

5 juta mailbox? Wah salut :), tidak sebanding dengan user saya yang
cuman 13 pak :-)

> Belum lagi kalo dipasang antivirus. Jadi klaim spt di atas
> tidak relevan untuk kondisi skr.

Karena masalahnya tetap sama, qmail membabi buta mescan email yang
tidak ketahuan jluntrungnya :-).

Salam,

 Asfihani