Dear boss yang lagi panik ...!

1. Sikap yang baik ketika menghadapi masalah adalah tetap tenang ...! (cool
man)
2. Definisikan dengan baik error yang terjadi dan cantumkan pesan errornya
apabila bertanya.
3. Urutkan masalah yan terjadi secara step by step.

Kita mau memberikan saran kalau errornya/masalahnya jelas ..!

Contoh
1. Kenapa driver souncardnya tidak terdeteksi ... tetapi  anda tidak
mencantumkan :
 merk soundcardnya .....?
anda tau tidak terdeteksinya dari mana?
sudah cek konfigurasi hardwarenya di linux belum?

2.  Program apa yang anda install dan installnya lewat mana dari source
(tarball) atau RPM based
pesan errornya apa saja selain "segmentation fault" ?

3. Pesan errornya apa ?

4. Tidak ada masalah. karena yang dimaksud server/workstation itu di linux
(REdHAt) hanya masalah aplikasi tidak terpengaruh pada hadware
komputernya.(CMIIW)
so ....!
5. Dilinux ada istilah dependency (ketergantungan paket dengan paket
lainnya) so .. dalam banyak kasus aplikasi yang diinstall biasanya
memerlukan versi kernel tertentu ...! (CMIIW) dan lainnya tidak ..!

6. TErima kasih kembali
viva juga ....!

ada yang mo tambahin ..!