> aku mo tanya bagaimana cara setting untuk smtp dan pop di postfix?

Postfix itu SMTP server. Tidak ngurusin POP3 sama sekali (baik server
maupun client).

> aku gunakan adsl
> mail server aku postfix 2
> untuk kirim secara local ga masalah cuma jika aku kirim keluar ndak bisa
> juga sebaliknya jika aku test dari cbn aku ke mail sever aku juga ga mau
> masuk!!

Gimana tepatnya yg anda maksud "ndak bisa"? Gimana tepatnya yg anda
maksud "ga mau masuk"? Caranya anda "test dari cbn ke mail server
anda" itu gimana? Kalo anda tidak spesifik gitu jelasinnya ya org
lebih susah/lama bantunya.

Seperti saya bilang, Postfix cuma SMTP server aja, jadi dalam kasus
anda cuma ngurusin email keluar aja. Untuk *ambil* email (e.g. lewat
POP3) anda pake program lain yg tidak berhubungan sama Postfix,
misalnya fetchmail atau getmail, atau pake mail client yg support
POP3, misalnya KMail atau Evolution.

Di dokumentasinya Postfix ada tuntunan konfigurasi untuk "smarthost"
yg cuma merelay ke ISP atau outgoing gateway utk LAN, tidak *menerima*
email dr luar (kecuali kalo mail servernya jadi MX utk domain anda, yg
rasanya bukan, karena anda ngomong POP segala).

Ronny
di atas pendapat dari rekan Ronny

> Sebaiknya diperjelas dulu..
> Udah punya domain belum...
> Agar di kenal di internet hrs punya domain name misal a.com
> udah punya belum ...?

dari rekan Muhamad Safik

1. aku sudah punya domain karena aku berlangganan di cbn misal:
[EMAIL PROTECTED] spt: [EMAIL PROTECTED],
[EMAIL PROTECTED]

2. aku setting mail server aku dengan nama yang sama mx-nya yaitu
@nama_perusahaan.co.id, jika aku kirim secara lokal
    misal aku punya 4 client yang terdiri dari OS Windows dan Linux, di
Postfix aku bisa lihat lalu lintas pengiriman email,
   dari dan ke alamat yang dituju. misal
          komp1= mail server, mx = nama_perusahaan.co.id (sengaja aku
samakan ), IP=192.200.1.1
          komp2 = IP 192.200.1.50, user = [EMAIL PROTECTED]
          komp3 = IP 192.200.1.51, user = [EMAIL PROTECTED]
          komp4 = IP 192.200.1.52, user = [EMAIL PROTECTED]
          komp5 = IP 192.200.1.53, user = [EMAIL PROTECTED]
 dan dari ke 4 client ini bisa saling terima dan tidak masalah
3. dan yang ingin aku tanyakan adalah ( mohon maaf!! karena aku masih baru
di linux!!) intinya jika email dari luar misal. [EMAIL PROTECTED], kirim ke
email [EMAIL PROTECTED] apakah bisa masuk? jika bisa mohon
penjelasan dari rekan!! apakah ada yang perlu di setting?
4. jika komp5, mau kirim email keluar ( aku punya ID di cbn untuk username
tsb, aku sengaja samakan ) ingin kirim ke ISP lain misal, ke telkom, atau ke
cbn juga apakah bisa? karena aku kutip juga pendapat dari rekan Ronny kalo
itu tidak bisa!!

sekali lagi kepada rekan linux mohon bantuannya!!!
terima kasih masukan dari
    Rekan Ronny
    Rekan Muhamad Safik
    Rekan Nurul