kawan,

saya sudah install mailserver (via source):
# qmail
# vpopmail
# qmailadmin
# Courier-IMAP
# SquirrelMail
# Qmail-Scanner / Clam AntiVirus / SpamAssassin

ini bagan network saya :
internet <---router<-----gateway/proxy<------mailserver
                                        |                            |
                                        |                            |
                                        +----------------client LAN

ada beberapa yang saya tanyakan :
1. saya coba telnet dari dalam mailserver sendiri tidak bisa masuk
    $telnet localhost 25 or $telnet localhost 110
    saya coba dari luar mailserver yg masih 1 blok IP (local), Bisa.
    kira2 penyebabnya apa ?
2. saya test menggunkan outlook di client, dan bisa kirim, tapi kok
belum keterima diluar LAN(gmail dll) atau didalam LAN (email lokal)
3. saya kirim dari luar (gmail) ke email saya juga tidak bisa masuk
4. dimana kita mengecek 'log' baik saat ada email masuk / atau email
keluar / email antrian ?
5. mailserver saya (webmail/pop/smtp) tidak bisa diakses diluar, namun
dalam 1 LAN (local) bisa.

trimakasih