dear rekan-rekan linux...
saya mohon saran dari rekan-rekan linuxers
sekalian manakah yang terbaik dari topologi berikut ini tetapi sebelumnya
akan saya ceritakan backgroundnya terlebih dahulu,
tempat saya
bekerja ini di lingkungan pendidikan dengan banyak client.
ada 8 lab
dengan masing-masing 6 lab berisi 26 client dan 1 lab berisi 21 client dan
1 lab berisi 25 client. saya sewa b/w 256 kbps dari isp yang dekat dengan
saya. terus disamping client lab ada juga client dosen yang memang
menginginkan ada koneksi internet, karena belum pernah dihitung pastinya
mungkin berkisar 50 client, disamping itu ada juga client karyawan yang
mungkin jumlahnya sekitar 90 client dan memang semuanya terhubung ke
internet (maklum belum ada regulasi client mana yang boleh berinternet dan
mana yang tidak) yang jadi masalah adalah kalau hampir 50% client up,
pastilah jadi sangat lelet sekaleeeee,
nah mohon saran dari linuxers
sekalian bagaimana topologi yang tepat untuk lingkungan seperti ini. untuk
saat ini kondisinya semua server dedicated dan memakai linux dan
freebsd,
untuk topologi yang didepan saya lakukan :

isp

router (linux redhat 9)

server ns1 (dhcp, dns dan
proxy)

client-client.....

apakah tepat topologi
seperti diatas,
disini ada 3 gedung dan rencana saya akan saya pasang
beberapa proxy yang parentnya ke proxy ns1 (nah ini baru terealisasi hanya
untuk 6 buah lab yang berisi 26 client masing-masing)
mohon saran
dari linuxers semuanya..
terima kasih
Imam Nursianto