----- Original Message ----- From: "Wahyu Cahyadi" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Wednesday, November 21, 2007 4:08 PM
Subject: Re: [tanya-jawab] openvpn client

mmhh...saya jadi ikutan Up Reply nieh.... hrs-nya sech Bottom Replay :)
maksudnya apa sisi lain (10.x.x.x)(green)  dan 10.1.1.2(gateway lain) ?
bisa di deskripsikan lebih detail? bisa di buat schema jaringannya?
[set type dukun=on]
coba ip_forwardnya di aktifin
kalau di distro redhat, echo '1' > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward
[exit]

--

Mas Wahyu,
Sekarang ini saya pake IPCop sbg gateway ke internet. Karena saya mau spy bisa akses ke internal network saya dari luar (Roadwarrior ceritanya), saya install openvpn ke ipcopnya. Install di IPCop ga masalah trus install client juga ok. Coba konek dari client ke openvpnnya ok trus udah dapat IPnya (tunnelingnya nyambung gitu). Saya dapat ip 10.1.7.6.

Internet ---------IPCOP--------Lan (10.0.0.0)

kalo di manual ipcop mereka bilang yg ke internet red, lannya green trus DMZnya orange
eth0 10.1.1.2 (terhubung ke lan)
eth1 dynamic IP (terhubung ke internet)
kalau dari client saya ping ke salah satu host di lan time out
tapi kalo dari client saya ping ke 10.1.1.2 itu bisa.
Jadi tunnelingnya cuma sampai IPCopnya aja ga bisa ke internal network.

ip_forward udah di cek dan udah set ke 1
firewall udah set spy ga memfilter ping.

Sorry ya kalo Bottom reply kebiasaan dimilis sebelah...he  he
Saya udah googling dan ketemu masalah-masalah serupa, udah dicoba-coba tapi belum ketemu jawabannya ....

Begitulah ceritanya ..
Terima kasih sebelumnya

Saut