On Mon,21 April 2008 10:02:04 Apache . wrote:

> ===
> Betul di AP filter via MAC Addr, klo mao lebish secure lagi di Router
> Linuxnya MASQuradingnya per MAC Addr.
>
> Trims, JohnE

Thank atas semua masukan, akan saya coba cerna dan coba
kembali ke pertanyaa saya,

1. Apakah kondisi spt ini umum utk sebuah RT net? artinya memang
apakah hacking semudah itu?
2. Apakah sistem keamanan RT Net saya cukup ? bagaimana sebaiknya?
 3. Apakah ada cara cegahnya? atau suatu program yg dapat tracing
siapa yg hacking tsb? sampai skr kita masih belum tahu dan punya data ttg IP
atau MAc addres yg hacking?

Sptnya no 3, sdh terjawab,..

Bagaimana dg no 1 dan 2,
Dg melihat kondisi umum warnet wifi/RT RW net,
apakah kondisi/kasus di tempat saya apakah umum dan normal?

Kalau dinilai secara kasar, dg kondisi umumnya keamanan jaringan di Indonesia
kalau nilai point 10 utk sangat aman, dan 1 utk mudah dihacking
Kira2 berapa nilai yg Anda berikan utk keamanan jaringan di tempat saya.

Saya membutuhkan data tsb,
krn mau mengambil kesimpulan sbb ,misalkan,
1. Keamanan saya sdh lumayan aman - katakan lah point 7, dan memang umunya RT
net point 7, tetapi memang ada yg suka hacking.
2. Atau keamanan di tempat saya pointnya 2-3, artinya masih di bawah rata2
keamanan jaringan RT net pada umumnya.
2. Atau memang secara sistem RT Net memang rawan thd hacking
3.Atau kebetulan saja, di komplek saya ada yg pinter hacking - sayangnya tdk
digunakan utk hal yg bermanfaat.

Ada komentar ?
Thank atas masukan