> Tetap saja menurut saya filter mac-address tidak
> cukup.
> Mac-address pun bisa dispoofing. Kita bisa bebas
> gonta ganti
> mac-address sekarang ini.
>
> Gunakan PPPoE biar mantap, atau bila Wirelessnya
> tidak support PPPoE,
> gunakan VPN mechanism untuk bungkus komunikasi ip
> yang ke sisi
> internet.
> Kalau sudah dibungkus, kan ada authentication, lebih
> aman. Dan IP
> Address yang dialokasikan ke pelanggan juga tidak
> [...]

tetap juga nggak bisa bang, kalo di client dipasangin
AP yang kemudian di share lagi juga repot, misalnya di
klien di proxy lagi, akhirnya bisa dipake banyak orang
lagi.

Kalo saran saya dipasangin batasan bandwidth manager
aja, trus di cek, kalo traffic tinggi terus di salah
satu IP, nggak ada turunnya, berarti di IP tersebut
telah dishare ulang, ya bisanya gitu aja.