> Hanya yg jadi maslaah,
> Sptnya AP yg kita pakai di client, tdk mendeteksi pc
> yg ada
> dibelakangnya.-tipe TPlink-
> Shg kita susah melacaknya. mungkin kita akan
> mengganti AP tsb
>
> Dan yg jadi masalah, dari situlah sptnya hacking
> masuk,shg pakai B/W, dimana
> tentunya client tsb tdk mengetahui.
> Hal in kita lihat di IP cop- dimana ada pemakaiaan
> yg bisa keluar dari
> traffict shaping tsb, nggak tahu gimana caranya di
> hacking.
>
> Jadi..
> [...]

kalo menurut saya nih bang, gini aja, kita main
subnet, kalo kelas C subnet mask 255.255.255.255 itu
kan berarti buat 255 user, nah batasin aja pake subnet
mask lain, misalnya pake 255.255.255.224 itu kan buat
30 user, ip yang dipake mulai 192.168.10.225 -
192.168.10.254.

Trus kalo ada klien yang mau nge-share AP-nya, kita
beri aturan, share-nya dia harus mulai IP berapa s/d
berapa. Jadi kita bisa pantau semua IP yang ada, kalo
ada yang pake ganda kan konflik.

Cuman kalo ternyata klien kita pasang proxy server
dengan IP yang kita beri, memang agak susah, karena
dia bisa saja berikan subnet berbeda buat sharenya.
Jadi agak repot.

Kondisi ini sama dengan Telkom yang tidak bisa tahu
apakah speedy personalnya itu dipake warnet apa bukan,
karena memang kalo di proxy lagi agak repot. Menurut
temen yg di Telkom, kontrolnya cuman dari bandwidth,
kalo bandwidth salah satu IP terus "peak" berarti di
share, kan pasti kalo dipake personal ada saat-saat
"down" bandwidth-nya.

Jadi kalo klien masih pake AP aja buat share, bisanya
ya kita maen subnet, karena AP itu selalu hanya bisa
pake share dalam satu subnet. Sementara sih itu yang
bisa kita handle bang.