---------- Forwarded message ----------
From: YAS Putra <yaspu...@yahoo.co.id>
Date: Thu, 8 Jan 2009 05:54:13 +0800
Subject: Re: [tanya-jawab] dari seorang pemula
To: tanya-jawab@linux.or.id

On Wednesday 07 January 2009 17:52:41 fajar aswin wrote:
> yupz...... bener mas, cuma saya gak tau harus mulai dari mana?????
>
> untuk install pke "apt-get" udah sdkit bisa, update sm upgrade bisa
> juga ( karena bisa nya, saya gak tau apa yg saya update n saya
> upgrade),
>
> btw, "lilo" apaan sich mas?????

Kalau begini caranya jadi seperti ngajarin anak manja...;-) Apa nggak ada cara
lain untuk Anda berusaha belajar? Misalnya buka arsip milis ini, dan/atau
cari info referensi tempat/link/buku/majalah.

Untuk belajar CLI (command line) bisa belajar sendiri. Karena Anda ada di GUI
untuk masuk terminal pencet Ctrl-Alt-F5 dan untuk kembali pencet Ctrl-Alt-F7
atau di GUI: Applications-Accessories-terminal. Kalau sudah sampai di
terminal pencet TAB keluarlah semua perintah CLI. Selanjutnya pencet
man "perintah cli" yang mau dipelajari.

Untuk spesifik distro Anda bisa baca documen distro tersebut atau baca help.
Baca HOW-TO yang bertebaran di internet.

Demikian saran saya semoga cara balajar Anda lebih intensif.

Salam,

Putra

--
selamat pagi semua,

terima kasih mas putra, saya mohon maaf kalau saya dianggap "manja".
sebenarnya saya juga sudah belajar secara otodidak n sedikit udah
mulai mengerti dengan pertanyaan2 saya yg sdkit "cemen", saya hanya
ingin sekedar menyakinkan bahwa apa yang saya pahami n sedikit
mengerti itu benar ada nya dan benar menurut orang lain, dan juga
berharap bisa berkembang lebih jauh.

sya juga udah baca artikel, tutorial, how to, dll diinternet. sampe
bela-belain beli buku tentang komputer dan linux yg tebal nya bikin
berat kepala, akan tetapi mohon pengertiannya bahwa tidak semua orang
mempunyai daya tangkap dan brain yang sama, mgkin bgi teman2 skalian
dengan membaca tutor, artikel, how to, ataupun buku2 atau diktat udah
bisa paham, tapi sekali lagi saya mohon maaf jika saya sangat awam
atau "katro" atau gk paham2.

untuk itu lah saya mengikuti milis ini, berharap mempunyai pnduan dan
bimbingan dari teman2 semua.

maaf klo kepanjangan, sekali lagi terima kasih banyak atas perhatian
dan bimbingannya.

mohon tidak jera untuk memberi tanggapan atas pertnyaan2 saya yg
"manja", terus terang saya benar2 belum mengerti.

salam hormat

fajar aswin