Pada 8 Januari 2009 08:36, fajar aswin <fajar.as...@gmail.com> menulis:

>  itu setelah memilih OS ya????
>  di kompie saya ada 2 OS, setelah bios kan ada pilihan mau make OS
> mana, setelah saya pilih linux, ada message "press ESC bla..bla..bla",

Nah menu2 itu yang namanya boot loader. Di linux ada 2 boot loader
bakal sering anda temui yaitu GRUB dan lilo. Yang dipakai di
kebanyakan distro sekarang adalah GRUB

> setelah saya tekan ESC ternyata ada banyak pilihan :
> klo gak salah > "ubuntu server versi xxxxxxxxx"
>                      > "ubuntu header generic versi xxxxx"
>                      > "ubuntu server versi xxxxxxxxx"
>                      > "ubuntu header generic versi xxxxx"
>                      > ..........
>                      > ..........
>
> klo menurut saya itu terjadi karena saya sering upgrade (koreksi jika
> salah), klo menurut mas2 sekalian itu berpengaruh gak terhadap
> pemakaian memori dan kapasitas hardisk???

Bisa jadi, karena ketika upgrade itu biasanya ada kernel baru. Tentu
saja terlalu sering upgrade jelas akan memakan ruang harddisk anda,
silahkan bayangkan kalau di sistem operasi windows anda sering
melakukan instalasi program baru atau update antivirus.

Di ugos.ugm.ac.id asa beberapa panduan2 sederhana tentang linux
desktop, mungkin bisa anda lihat2 dulu.

Jika anda bingung akan suatu hal ada 2 pemecahan yaitu google (kalau
ada koneksi internet) dan man _nama-perintahnya_

;)