Kamas Muhammad wrote:

> Kalau komputer yang menjalankan team viewer berada di dalam LAN dan
> menggunakan
> IP privat (anggap saja 192.168.10.10, atau 10.10.10.10), maka orang dari
> internet (anggap saja saya dengan IP 202.202.202.202) tak mungkin dengan serta
> merta bisa mengakses komputer yang menjalankan team viewer itu kan? Kalau
> mengakses saja sudah pasti tidak bisa, apa yang mau diblok?
>
> Kecuali kalau misal:
> 1. Komputer yang menjalankan team viewer menggunakan IP publik.
> 2. Ada destination nat di router yang mengarahkan segala akses ke ip publik
> [...]

Kalo belum pernah make TeamViewer emang bakal mengira-ngira aja cara
kerja software ini. Prinsip kerja TeamViewer sebenarnya gampang aja.
Komputer yang ingin diremote mesti diinstall TeamViewer, lalu
menghubungi server milik TeamViewer untuk mendapatkan PIN. Komputer lain
yang ingin meremote komputer pertama tadi mesti tahu PIN ini, supaya
bisa meremote komputer dengan PIN tersebut. Ga perduli komputer pertama
ada di LAN, asalkan komputer tersebut msh terkoneksi dengan server
TeamViewer, komputer manapun lewat internet akan bisa meremote-nya.

Jadi sebenarnya caranya gampang, blok aja komunikasi antara LAN dengan
server milik TeamViewer, maka komputer di LAN yang sudah diinstall
TeamViewer ga akan bisa lagi terkoneksi dan memperoleh PIN, sehingga
tidak bisa dihubungi dari manapun juga.

--
Donny Kurnia
http://blog.abifathir.com