2010/3/24  <ricky.liauwa...@gmail.com>:
> Saya sudah mengikuti petunjuk Mas Vavai dan hasilnya:
> 1. Kirim ke lokal gak masalah. Hny kirim ke internet yang bermasalah.
> 2. Sdh coba ping ke internet dan hasilnya ok.
> 3. Nah ini nih.... Ada bbrp email yg deffered dengan receiver domain
> yahoo.com. Lalu keterangan errornya seakan2 menganggap ip saya termasuk dlm
> spamhaus's list jd di refuse oleh yahoo. :( oh no.....
> Lalu saya ada cek kirim email ke domain selain yahoo alhasil ok2 aja alias
> terkirim. Wah sentimen nih yahoo ama saya.
>
> Bagaimana ada solusi lanjutan?

Solusinya ada beberapa, ada yang (relatif) sulit dan ada yang mudah.

Yang kelihatan sulit : Setting reverse DNS Zone, pasang dkim filter
dan remove ip dari blacklist spamhaus/layanan blacklist lainnya

http://vavai.com/2010/01/23/tips-mail-server-apa-itu-reverse-dns-zone/
http://vavai.com/2010/02/18/konfigurasi-reverse-dns-server-ptr-records-secara-mudah/

Saya pakai openSUSE & SLES, jadi kalau pakai Ubuntu silakan disesuaikan.

Yang kelihatan mudah : Set agar pengiriman menggunakan ISP relay
dengan SMTP Authentication :

http://vavai.net/2010/01/02/zimbra-mail-server-relay-access-denied-error-isp-relay-with-authentication/

--
Best Regards,