--- Pada Rab, 26/5/10, Muhammad Ichsan <ich...@gmail.com> menulis:

> [...]
> merasakan responsiveness pada aplikasi2 yang pakai GUI.
> Gini deh, kalo
> ada orang nunjukin ke saya 2 desktop: 1adalah yang udah
> dibuka
> sessionnya lama satu dan 2 adalah yang baru aja dibuka
> sessionnya saya
> bisa tau mana yang lebih responsive tanpa perlu
> diberitahu.

> memorynya.

> bahwa penyebab
>
> Kan ada catatannya. Di aplikasi saya yang berbasis java ada
> catatan
> bahwa Heap Space memory habis digunakan.

Kalau indikasi nya adalah aplikasi java yang menunjukan ada error Out Of memory
di Java Heap Space Memory , saya juga dulu pernah mengalami . Kalau berdasarkan
pengalaman saya dulu bukan memory OS nya yg habis tetapi JVM nya yang perlu
dituning untuk lebih banyak menggunakan alokasi memory yg ada . Jadi intinya
aplikasi Java tersebut mentok karena limitasi di konfigurasi Javanya sendiri yg
membatasi penggunaan memory . Detailnya saya lupa, mungkin sedikit googling
tentang "Tuning Java Heap Memory" bisa membantu . :)
CMIIW

- Arief Furqon