On 5/25/10, Ronny Haryanto <ro...@haryan.to> wrote:

> Bagian yg mana dari output free -m yang menyatakan sisa memory tinggal
> sedikit?

->> free -m
->> free -m
             total       used       free     shared    buffers     cached
Mem:         20042      15563       4478          0        284      13626
-/+ buffers/cache:       1652      18390
Swap:        10001          0      10001

> "Membersihkan memory" itu sebetulnya malah operation yg expensive dan slow.

Tapi apa dijamin memory yang tidak terpakai lagi akan ditiban?

> Taunya lebih kenceng diukur pake apa? Apakah cuma dirasakan aja atau
> pake program apa?

Lah, berasa dong buka ini buka itu cepat lagi. Setidaknya saya
merasakan responsiveness pada aplikasi2 yang pakai GUI. Gini deh, kalo
ada orang nunjukin ke saya 2 desktop: 1adalah yang udah dibuka
sessionnya lama satu dan 2 adalah yang baru aja dibuka sessionnya saya
bisa tau mana yang lebih responsive tanpa perlu diberitahu.

> Apa maksudnya drop? Dan gimana anda bisa memastikan bahwa penyebab
> "drop" ini adalah karena kehabisan memory?

Kan ada catatannya. Di aplikasi saya yang berbasis java ada catatan
bahwa Heap Space memory habis digunakan.

> Ronny

Mohon penjelasannya dari rekan2 yang expert.

--
~The best men are men who benefit to others
http://michsan.web.id 一緒に勉強しましょう!

Yang berkualitas memang beda rasanya!
http://rizqi-cookies.com