-Arief Furqon- wrote:
> [...]

Betul. Cara Linux mengelola memory berbeda dengan Windows maupun Mac
OSX. Linux akan berusaha menggunakan semua RAM yang ada secara efisien.

Saat melakukan perintah free, coba lihat baris kedua. Nilai free itulah
yang merupakan kapasitas RAM bebas yang tidak digunakan oleh aplikasi
apapun. Free di baris pertama adalah sisa setelah digunakan oleh cache.
Lihat juga kolom buffers dan cached untuk tahu besar RAM yang digunakan
untuk keduanya.

--
Donny Kurnia
http://blog.abifathir.com