Muhammad Ichsan wrote:

> Tapi saya pake Ubuntu, ketika ubuntu saya restart semua berasa jauh
> lebih responsif. Kenapa bisa begitu ya?

Karena saya pake desktop, untuk membuat ubuntu lebih responsif cukup
dengan logout lalu login lagi. Aplikasi terbesar yg nge-take RAM
biasanya adalah X server. Dengan logout dan login lagi, penggunaan RAM
oleh X server akan kembali lagi dari awal. Kalau aplikasi lain, begitu
close, RAM-nya direlease semua kok. Coba aja lihat menggunakan 'htop'

--
Donny Kurnia
http://blog.abifathir.com