On 05/26/2010 10:03 AM, Muhammad Ichsan wrote:

> ->> free -m
> ->> free -m
>              total       used       free     shared    buffers     cached
> Mem:         20042      15563       4478          0        284      13626
> -/+ buffers/cache:       1652      18390
> Swap:        10001          0      10001

Pada baris pertama hasil, didapat hasil berikut:
Total RAM : 20GB
Digunakan oleh aplikasi + buffer + cache: 15GB
Buffer: 284 MB
Cache: 13 GB
Dari baris kedua hasil:
Free RAM yang bisa di-klaim oleh aplikasi: 18GB

> Tapi apa dijamin memory yang tidak terpakai lagi akan ditiban?

Lihat kesimpulan diatas.

> Lah, berasa dong buka ini buka itu cepat lagi. Setidaknya saya
> merasakan responsiveness pada aplikasi2 yang pakai GUI. Gini deh, kalo
> ada orang nunjukin ke saya 2 desktop: 1adalah yang udah dibuka
> sessionnya lama satu dan 2 adalah yang baru aja dibuka sessionnya saya
> bisa tau mana yang lebih responsive tanpa perlu diberitahu.

Cara terampuh adalah dengan benchmark, ga bisa pake perasaan :)

> Kan ada catatannya. Di aplikasi saya yang berbasis java ada catatan
> bahwa Heap Space memory habis digunakan.

Heap memori aplikasi java memang dibatasi. Bisa dikonfigurasi supaya
java vm bisa mengakses lebih banyak RAM dari nilai defaultnya.

> Mohon penjelasannya dari rekan2 yang expert.

Semoga membantu.

--
Donny Kurnia
http://blog.abifathir.com